Berita

WEBDINAR PEMBEKALAN JURNALIS TINGKAT NASIONAL

Tarakan, 16 Maret 2020

APTIKOM

Dalam kondisi pandemi covid-19, APTIKOM pusat mengajak semua pengurus Aptikom tingkat provinsi untuk bergabung dalam pembekalan sebagai jurnalis. Agenda ini diawali dengan mengumpulkan kontak person yaitu Whatsapp melalui pengurus-pengurus Aptikom tingkat provinsi. Setiap pengurus mengutuskan anggota maksimal 2 orang untuk ikut serta dalam pembekalan jurnalis. Peserta yang hadir sekitar 54 peserta dari semua provinsi yang ada. Direktur Aptikom menyampaikan bahwa Journalis itu “adalah orang yang pekerjannya mengumpulkan dan menulis berita dalam surat kabar”  atau sebagai wartawan, khususnya wartawan Aptikom Harapan yang dicapai dalam pembekalan ini peserta dapat memiliki sikap perilaku yang digital. Pada pembekalan Jurnalis secara Video Conference juga hadir Bapak Dr. Wahyudi Mewakili Ketua Aptikom, dalam penyampaiannya Pak Wahyudi menyatakan pelatihan ini fokus pada Calon Jurnalis dengan harapan peserta dapat menjadi jurnalis aptikom yang dapat meliput semua kegiatan-kegiatan yang ada di Aptikom Pusat, selain itu juga jurnalis dapat mengakses untuk mengisi web-site konten-konten yang sudah disediakan.

Dalam pembekalan jurnalis tersebut Pengurus Aptikom pusat membuka dengan memperkenalkan Aplikasi Mobile Aptikom yaitu “My Aptikom”. Koordinator Bagian Pengembangan IT DPP Aptikom Hanny Hikmayanti Handayani, M.Kom menyampaikan beberapa fitur-fitur yang ada di dalam My Aptikom seperti kartu pengurus Aptikom dan kartu anggota Aptikom. “My Aptikom terus kami kembangkan sesuai dengan permintaan kepengurusan Aptikom tingkat provinsi sehingga Aplikasi My Aptikom Hampir Semua Terpenuhi fitur-fitur yang ada” kata Hanny. Pembekalan kedua dilanjutkan dengan materi tentang Media Informasi Aptikom yang disampaikan oleh Bpk. Mubarik Ahmad. Dalam persentasinya Pak Mubarik menyampaikan data dan informasi Aptikom, Aptikom saat ini sudah menyediakan beberapa media informasi dari berbagai Platform seperti Website dan mobileApps

Narasumber Utama APtikom sebagai pembekalan jurnalis menyampaikan materi tentang bagaimana menjadi seorang jurnalis yaitu Bpk. Sarnapi. Beliau salah satu jurnalis senior. Dalam penyampaiannya Sarnapi menjelaskan bagaimana menjadi seorang jurnalis yaitu “harus sering-sering menulis sebagai kunci utama” apalagi anggota Aptikom tidak ada alasan untuk menulis, sangat gampang untuk menulis kata Sarnapi. Permasalahan yang dihadapi sekarang menurut sarnapi adalah tidak ada Ide padahal sekeliling kita banyak Ide-ide, nah untuk mendapat ide harus membaca sebagaimana di dalam Al-Qur’an adalah Iqra ( Baca). Reporter( Hadriansa : Jurnalis Kaltara)

 

logo-web.png
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) PPKIA Tarakanita Rahmawati

A Jl. Yos Sudarso 8 Tarakan 77111 - Kalimantan Utara - Indonesia
E stmik@ppkia.ac.id
P
+62 551 33758

Follow Kami

Copyright © 2020 Lembaga Pengelola Sistem Informasi

Search

(0551) 33758 STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati