Roadmap (Peta Perjalanan) Kampus Biru

Published Date

        Kami bercikal bakal dari sebuah lembaga kursus dari LPKIA (Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Amerika) Malang, yang saat ini telah menjadi sebuah sekolah tinggi. Sejak tahun 1992 LPKIA Malang telah merubah dirinya menjadi PPKIA (Pusat Pendidikan Komputer Indonesia Amerika), kemudian mengembangkan diri di Kota Jember, Denpasar dan terakhir di Kota Tarakan Kalimantan Timur pada tahun 2000.

        Alhamdulillah animo masyarakat kota Tarakan sangat menerima kami dengan baik, lembaga kursus melaksanakan pendidikan setara Diploma 1 (D1) tersebut telah berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) PPKIA Tarakanita Rahmawati.

 

        Nama "Tarakanita" diambil atas dasar posisi lembaga ini yang terletak di Kota Tarakan,dan "Rahmawati" adalah nama untuk mengenang beliau dari Ibu pemilik Yayasan Bina Citra Muda, yaitu Alm. Ibu H.Rahmah, yang bertempat tinggal di Karang Rejo RT.6. Tarakan.

       Saat ini perguruan tinggi yang sebelumnya hanya menyelenggarakan pendidikan tinggi setingkat Diploma III (D3) tersebut, atas ridhlo Allah SWT dan restu seluruh masyarakat Tarakan, telah mengukuhkan dirinya menjadi sebuah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK), yang dapat menyelenggarakan pendidikan Strata 1 (S1).

        Mulai dari sejak tahun 2000, yang hanya berawal dari 5 (lima) orang staf AMIK PPKIA Malang, sampai dengan saat ini Alhamdulillah telah memiliki 32 (tigapuluh dua) karyawan yang terdiri dari Dosen Tetap dan Staff Administrasi.

      Tepat pada tanggal 22 November 2002, PPKIA (Pusat Pendidikan Komputer Indonesia Amerika) mendapatkan ijin operasional dari Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) RI untuk dapat melaksanakan kegiatan operasional pendidikan Diploma 3 (D3). Saat itu program studi atau jurusan Manajemen Informatika untuk jenjang D3 yang dilaksanakan. Banyak Mahasiswa yang melakukan alih jenjang, dari sebelumnya pendidikan D1 beralih ke Jenjang Diploma 3, yang akhirnya hanya menyelesaikan masa studi sisa selama 2 tahun. Pendidikan tinggi setingkat akademi tersebut bernama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) PPKIA Tarakanita Rahmawati.

        Pada bulan November 2004, Wisuda untuk Diploma 3 pertama kali dilaksanakan. Bertempat di Hotel Tarakan Plaza, sebanyak 63 Mahasiswa yang melaksanakan Wisuda perdana tersebut. Wisuda pertama ini sempat dihadiri oleh Sekretaris Kopertis Wilayah XI, Bpk. H.Ridwan yang ikut menyaksikan prosesi wisuda sejak pertama hingga pada akhir acara.

        Wisuda sudah dilaksanakan 3 kali saat menjadi AMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati, pada tahun 2004, 2006 dan terakhir pada bulan Mei 2007. Tahun 2008, 2009 dan 2010 saat telah berubah menjadi STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati tidak mengadakan Wisuda, dikarenakan banyak Mahasiswa yang melakukan proses alih jenjang dari Diploma 3 (D3) berpindah ke jenjang Strata 1 (S1). Namun meski tidak melaksanakan Wisuda, Mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya atau lulus, sudah mendapatkan ijazah untuk dapat langsung bekerja. Hal ini terbukti dengan pada tahun 2008, terdapat 13 orang Mahasiswa yang diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pada tahun 2009, terdapat 19 orang yang diterima menjadi PNS, dan tahun 2010 terdapat 3 orang diterima menjadi PNS, yang tersebar pada Tarakan, Bulungan, Nunukan, Malinau dan kabupaten baru yaitu Kabupaten Tana Tidung (KTT).

         Pada bulan Juli 2008, AMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati, yang telah berdiri sejak tahun 2002, mendapatkan kepercayaan untuk meningkatkan statusnya menjadi sekolah tinggi yang mampu melaksanakan pendidikan Strata 1 (S1). Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) PPKIA Tarakanita Rahmawati nama dari kampus tersebut. Sudah sejak 2006, perubahan status ini diurus oleh pihak manajemen dan yayasan, dan 2 (dua) tahun kemudian, tepat pada tahun 2008, status kampus telah berubah menjadi setingkat dengan Universitas.
 
           Mulai tahun akademik 2009/2010, STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati memiliki mata kuliah baru, yaitu Robotika, dikarenakan secara nasional, bidang Robotika sedang ramai untuk digeluti dan kontes robot sudah mulai dilaksanakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Pada akhir Dsember 2009 ini, proposal pertama kepesertaan Tim Robot secara Nasional mulai dimasukkan untuk menunjukkan jati diri kualitas dari STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Gayung ternyata bersambut, Seleksi 1 Tim Robot tersebut masuk nama STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati untuk bertanding secara Nasional di Regional III Jogjakarta.
 
    Bulan Februari 2010, Tim Robot Pertama STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati terbentuk, Blue-1 yang merupakan Tim Robot Beroda Pemadam Api, beranggotakan Danang Setya Pramana dan Debby Kurniawan, Blue-2 Tim Robot Berkaki Pemadam Api beranggotakan Hadriansa dan William Hamdi, Blue-3 Tim Robot Beroda Battle Pemain Bola beranggotakan Fitriansyah, Haryansyah dan Ali Sahbana.
 
        Ketiga Tim Robot tersebut bertarung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tanggal 2 Mei 2010. Meski menjadi peserta termuda dan peserta pertama dari Kalimantan Timur, Tim Robot ini menunjukkan pertarungan yang cukup seru melawan perguruan tinggi berasal dari Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Beberapa lawan yang sempat dihadang oleh Tim Robot Kampus Biru mulai dari Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (STTN) Batan, Universitas Dian Nuswantoro, STMIK AMIKOM Yogyakarta, bahkan Universitas Gajah Mada, sempat menjadi lawan dari Tim Robot Kampus Biru. Namun pengalaman bertanding nasional ini akhirnya terhenti hingga putaran ke-2, Tim Robot Kampus Biru untuk sementara masih belum dapat menunjukkan kemahirannya di kontes perdana ini, tetapi pengalaman bertanding melawan perguruan tinggi besar tersebut akhirnya menjadi cambuk untuk melangkah lebih baik pada Kontes Robot Nasional pada tahun berikutnya.
 
       Bulan Mei 2011, Tim Robot Kampus Biru menorehkan prestasi yang sangat gemilang. Pertandingan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional V di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tenggara tersebut menjadi saksi atas keberhasilan Tim Robot BlueHumanoid-G1, beranggotakan Hadriansa , Rendra yang meraih 2 piala sekaligus, yaitu Juara 1 Robot Pemain Bola dan Juara Desain Terbaik. Menyusul berikutnya adalah Tim Robot BlueLegged-G2, beranggotakan Danang Setya Pramana dan Debby Kurniawan, menjadi pemenang Juara II untuk Robot Berkaki Pemadam Api tercepat. Prestasi gemilang ini seiring dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 5 Mei 2011. Hadiah yang luar biasa untuk kota Tarakan, propinsi Kalimantan Timur dan tentu saja untuk Pulau Kalimantan.
       
         Pada Bulan yang sama, Mei 2011, STMIK PPKIA Tarakanita juga mulai melakukan penjajakan atas pelaksanaan manajemen mutu internasional dengan standar ISO 9001:2008. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kualitas yang semakin baik dalam pengelolaan mutu manajemen kampus biru. Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan pelatihan selama 3 hari bertempat di Hotel Monaco Tarakan.

     Pada bulan Juli 2011, Sebagai gambaran keberlanjutan aktifitasnya, pihak pengelola STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati mengajukan proses akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan syukur kehadirat Allah SWT persyaratan untuk 3 program studi, yaitu D3-Manajemen Informatika, S1-Sistem Informasi dan S1-Teknik Informatika diterima oleh BAN-PT sesuai dengan bukti pengurusan akreditasi dengan nomor 35/296/1485/D3/2011, 54/295/1485/S1/2011 dan 124/292/S1/2011.

        Bulan Agustus 2011, Kampus Biru mendapatkan kedatangan tamu dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk proses audit atas perjalanan administrasi dan pelaksanaan kegiatannya. Dua orang tamu tersebut melakukan proses audit selama 2 hari, untuk melakukan penilaian atas kinerja yang dilaksanakan oleh STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahannya. Proses audit tersebut akhirnya menjadi titik akhir proses pelaksanaan akreditasi yang dilaksanakan oleh Kampus Biru untuk kemudian mendapatkan status terakreditasi.

      Bulan Oktober 2011, pihak kampus mengadakan Wisuda Pertama untuk S1 dan Wisuda ke-empat untuk D3. Terdapat 139 wisudawan yang menyelesaikan pendidikannya saat itu. Wisuda pertama STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati ini paling bersejarah dalam perjalanan Kampus Biru, karena pada Wisuda ini terdapat serah terima atas hasil akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Jenjang Diploma 3 (D3) Kampus Biru akhirnya mendapatkan Status Terakreditasi, sedangkan untuk jenjang S1 masih menunggu proses audit dari BAN-PT mendapatkan akreditasi.

       Pada Wisuda tersebut juga sangat istimewa, karena sekaligus penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 yang diberikan oleh lembaga TUV-SUD dari Jerman atas Kendali Manajemen Mutu berstandar Internasional. Bapak Kepala Bagian Tata Usaha Ir. H. Muntaha selaku perwakilan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis XI) Kalimantan menyampaikan bahwa untuk perguruan tinggi di Kalimantan, STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati adalah yang pertama memiliki sertifikat tersebut. Benar-benar prestasi yang membanggakan bagi seluruh Civitas Akademika Kampus Biru dan Mahasiswa yang mendapatkan kehormatan tersebut.

        Sekali lagi puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala prestasi yang telah diperoleh ini. Prestasi dan keberhasilan ini merupakan kerja keras dari semuanya, seluruh pengelola kampus, Dosen dan Mahasiswa yang ikut menyumbangkan hasil yang dapat bermanfaat bagi kita semua. Tak terkecuali ucapan terimakasih bagi Pemerintah Kota Tarakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis XI) Kalimantan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementrian Pendidikan Nasional yang telah memberikan kesempatan untuk mendidik Putra-Putri Kalimantan Timur ini.

 

 

 

 

Berita Harian Akademik


© 2002 - 2015 | Bagian Sistem Informasi