Informasi Skripsi - Strata 1 (S1)

Published Date

Jenjang S1 (Strata 1) adalah sebuah jenjang tertinggi yang dapat diambil pada STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Kelulusannya akan mendapatkan gelar S.Kom (Sarjana Komputer).

Tugas Akhir (TA) bagi Jenjang Strata 1 (S1) adalah sebuah kelayakan mutlak sebagai seorang lulusan Sarjana Komputer yang dari sisi keilmuannya harus mampu menunjukkan kredibilitasnya dalam bidang Teknologi Informasi.

Bentuk dari TA ini nantinya adalah berupa implementasi sistem yang ada pada sebuah instansi/kelembagaan maupun perusahaan dimanapun dia berada. Mahasiswa harus dapat mengangkat permasalahan yang muncul pada instansi, lembaga atau perusahaan yang diinginkannya.

Permasalahan yang masih dapat diambil dari untuk Tugas Akhir Mahasiswa jenjang S1 dapat berupa topik-topik seperti yang terdapat pada jenjang Diploma 3 (D3), namun lebih diarahkan untuk mengelola sistem yang lebih baik dan lebih mampu menunjukkan sisi ke-sarjanaannya.

Tingkatan Strata S1 (S1) harus dapat membawa Mahasiswa berupa sistem menarik yang mampu menjembatani sistem yang berjalan pada siklus umum pada masyarakat ber-teknologi tinggi.

Tugas Akhir harus dapat merupakan pengembangan dari :

  1. Artificial Intellegence (Kecerdasan Buatan), membuat sistem yang cerdas, yang mampu berpikir seperti layaknya manusia yang mampu menganalisa sesuatu atas permasalahan yang terjadi
  2. Kriptografi, pengamanan data pada sebuah sistem database
  3. Data Mining, mencari pencerahan atas sistem yang dibangun dengan mendasarkan diri pada pengumpulan data dan pengaruh kecerdasan buatan dalam analisanya
  4. Layanan Enterprise pada Internet, misalnya eBusiness, eCommerce, eGoverment
  5. GIS (Geographical Information System), meliputi pemetaan gambar tentang sebuah lokasi yang dapat dipilih Mahasiswa, dihubungkan dengan konsentrasi atas keilmuan yang dipelajarinya, berupa kecerdasan buatan maupun data mining.
  6. Database Enterprise dengan sistemnya yang kompleks pada jalur komunikasi jaringan komputer, dengan konsentrasi penghematan bandwith yang berkemungkinan ada.

Aplikasi yang dibuat dapat berupa aplikasi menggunakan :

  1. Media GUI (Graphical User Interface) dengan pemrograman visual
  2. Media Web

Untuk mengambil mata kuliah Tugas Akhir, Mahasiswa wajib melakukan :

  1. Aktivasi pada Kartu Rencana Studi (KRS) di semester yang akan melakukan Tugas Akhir
  2. Melakukan Magang atau Survei pada instansi/lembaga/perusahaan
  3. Seminar Judul yang diuji oleh 2 (dua) orang Dosen Penguji judul, untuk mengetahui materi yang diambil agar tidak terlalu lebar maupun terlalu sempit, tepat sesuai jenjang pendidikan dan kemampuan Mahasiswa
  4. Memilih Dosen Pembimbing 1 dan Dosen Pembimbing 2
  5. Seminar Hasil yang dihadiri Dosen Pembimbing 2
  6. Ujian Comprehensif, yang berupa ujian untuk Aplikasi Perkantoran dan Instalasi Hardware
  7. Seminar Akhir, yang dihadiri Dosen Pembimbing 1 dan 2 (dua) orang Dosen Penguji

Jika Mahasiswa masih harus memperbaiki TA-nya maka Mahasiswa diperkenankan melakukan ujian ulang sampai dinyatakan Lulus.

Setelah Mahasiswa dinyatakan lulus maka Mahasiswa harus melakukan revisi atas TA yang dibuatnya.

Berita Harian Akademik


© 2002 - 2015 | Bagian Sistem Informasi