Informasi Tugas Proyek - S1

Published Date

Tugas Proyek adalah matakuliah baru yang diterapkan pada STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Mahasiswa tentang perlunya bekerja secara berkelompok atau Team Work.

Seperti apa yang diketahui bersama, bahwa dalam setiap Lowongan Pekerjaan, saat ini sudah menjadi persyaratan utama agar calon karyawan yang akan di-rekrut nantinya harus memiliki skill untuk dapat bekerja bersama dengan orang lain. "Mampu bekerja secara Team Work", demikian biasa yang dimasukkan dalam kriteria setiap Lowongan Pekerjaan.
Oleh karena itu pihak pengelola STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati sudah merasa sangat perlu sekali untuk memasukkan matakuliah tersebut dalam kurikulumnya yang baru.

Tugas Proyek bagi Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi (Manajemen Informatika) tentang pembangunan software yang berhubungan secara langsung dengan perusahaan yang ada, bukan perusahaan fiktif yang nantinya tidak menambah pengalaman tentang pembangunan sistem bagi perusahaan sesungguhnya.
Materi yang diambil bagi pengerjaan tugas proyek Mahasiswa SI/MI dapat langsung mengambil materi yang pernah diambil oleh Mahasiswa Diploma 3 (D3) yang ada. Materi harus diangkat secara penuh, tanpa mengurangi apa yang dibuat pada Tugas Akhir Diploma 3 tersebut.
Materi yang diambil dapat berupa Sistem Informasi untuk :

  1. Rekrutmen Karyawan
  2. Perubahan Status Karyawan / Pegawai (kenaikan pangkat, pensiun, mutasi, PHK)
  3. Penggajian
  4. Produksi
  5. Quality Control
  6. dll.

Pengerjaan yang dilakukan pada Tugas Proyek ini adalah :

  1. Pembuatan Bagan Alir Dokumen (BAD)
  2. Diagram Alir Dokumen
  3. Diagram Relasi Entiti (ERD)
  4. HIPO Chart
  5. Desain Layout Program Aplikasi
  6. Desain Layout Hasil Proses Aplikasi (laporan-laporan dan grafik apabila dibutuhkan)

Tugas Proyek bagi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer (Teknik Informatika) tentang pembuatan perangkat keras yang telah terintegrasi pula dengan perangkat lunaknya. Pembuatan perangkat keras harus disesuaikan dengan budget keuangan yang ada, tidak perlu terlalu mahal ataupun terlalu berlebihan, karena pada matakuliah ini yang paling ditekankan adalah kerjasama secara berkelompok dengan hasil yang sesuai sisi keilmuan yang ada.
Materi yang diambil dapat berupa :

  1. Penggunaan Lampu LED (Light Emitting Diode)
  2. Sensor cahaya
  3. Sensor bunyi atau suara
  4. Analog - Digital Converter
  5. Pemanfaatan port DB9 dan DB25 lain (untuk jaringan sederhana, program chatting dsb.)

Pengerjaan yang dilakukan pada Tugas Proyek ini adalah :

  1. Pembuatan Flowchart
  2. Gambar Bagan Rangkaian Elektronik
  3. HIPO Chart
  4. Desain Layout Program Aplikasi
  5. Desain Layout Hasil Proses Aplikasi (laporan-laporan dan grafik apabila dibutuhkan)

 

Bentuk akhir dari Tugas Proyek adalah dokumentasi dari seluruh hasil rancang sistem yang ada. Teknis bentuk laporan menyerupai Tugas Akhir Diploma 3.

Tugas Proyek ini dikerjakan oleh maksimal 3 (tiga) orang Mahasiswa per-kelompoknya. Hasil Tugas Proyek harus dipresentasikan di depan Dosen Penguji, yang akan menyatakan bahwa Tugas Proyek didapatkan hasil Lulus atau Gagal uji mata kuliah. Dosen Pembimbing Tugas Proyek akan menjadi Dosen Penguji bagi kelompok lain.

 

Berita Harian Akademik


© 2002 - 2015 | Bagian Sistem Informasi