Kegiatan Perkuliahan

Published Date

 

1. KEGIATAN PERKULIAHAN DAN SEMESTERAN
Dalam pelaksanaan pendidikannya STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati melaksanakan tiga program/jenjang, yaitu Strata 1, Diploma 3 dan Diploma 1.
 
1.1 BATASAN SISTEM KREDIT SEMESTER
Sistem Kredit Semester adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dalam satuan kredit. Pada program/jenjang Strata 1 dan Diploma 3 satuan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan yang harus diselenggarakan disebut semester. Sedangkan Pada program/jenjang Diploma 1 satuan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan yang harus diselenggarakan disebut Tahap. Satu Semester setara dengan 16-20 minggu kerja atau kegiatan akademik dan satu Tahap setara dengan 10-12 minggu kerja, termasuk didalamnya 1-2 minggu berbagai kegiatan evaluasi. Penyelenggaraan pendidikan dalam satu semester/tahap terdiri dari kegiatan kuliah, praktikum, kerja lapangan dan bentuk kegiatan lain yang disertai dengan nilai keberhasilannya. Besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atau keberhasilan usaha mahasiswa, besarnya keberhasilan kumulatif mahasiswa serta usaha penyelenggaraan pendidikan bagi dosen dan lembaga untuk satu semester dinyatakan dalam satu satuan kredit semester (sks).
Satu sks untuk perkuliahan ditentukan oleh beban kegiatan mahasiswa yang meliputi tiga macam kegiatan perminggu, yaitu :
1. 45 menit acara tatap muka terjadwal dengan dosen, seperti bentuk kuliah atau diskusi dan atau,
2. 60 menit acara kegiatan terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh pengajar, seperti membuat pekerjaan rumah atau menyelesaikan pemecahan soal, diskusi kelompok, penulisan makalah/laporan tertulis dan atau,
3. 60 menit acara kegiatan mandiri, yaitu kegiatan studi yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri seperti membaca buku acuan dan buku anjuran, telaah pustaka, persiapan dan latihan untuk pematangan materi bahasan perkuliahan dan lain-lain.
 
1.2 TUJUAN SISTEM KREDIT SEMESTER
Penerapan Sistem Kredit Semester dalam penyelenggaraan pendidikan di STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati bertujuan untuk :
1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat menyelesaikan studinya dalam waktu yang sesingkat–singkatnya.
2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam batas-batas tertentu untuk memilih kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan masing-masing.
3. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melatih diri dalam mengorganisasi kegiatan seefisien dan seefektif mungkin.
4. Memudahkan penyesuaian kurikulum dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat.
5. Memungkinkan dan memudahkan pengalihan antar jenjang/program studi dalam lingkungan STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati dan antara STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati dengan Perguruan Tinggi lain.
6. Memberikan kemungkinan terjadinya masukan dan keluaran jamak/multi entry dan multi exit.
 
1.3 BEBAN STUDI MAHASISWA
Beban studi mahasiswa untuk jenjang pendidikan Strata 1 besarnya beban studi adalah 148 SKS, Diploma 3 besarnya beban studi adalah 115 sks dan jenjang pendidikan Diploma 1 ditentukan sebanyak 34 sks, seyogyanya beban mahasiswa untuk satu semester berkisar antara 16-22 sks atau rata-rata 20 sks. Tiap tahun akademik terdiri dari semester ganjil dan semester genap. Di awal semester ganjil pada tahun pertama, seorang mahasiswa memulai studinya dengan jumlah yang ditetapkan oleh STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati, yaitu berkisar antara 18-22 sks.
 
1.4. MATA KULIAH
Setiap mahasiswa diharuskan mengikuti semua mata kuliah wajib yang tercantum dalam kurikulum. Tujuannya agar para lulusan yang dihasilkan dapat mencerminkan citra bangsa dan dapat berciri tamatan STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Untuk mencapai tujuan tersebut dan menjabarkannya ke dalam kurikulum dengan berbasis kompetensi, maka disusun atas 5 kelompok yaitu: (1) Mata. kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) (2) Mata Kuliah Keilmuan Dan Ketrampilan (MKK) (3) Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) (4) Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), dan (5) Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
 
2. ADMINISTRASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS)
Pelaksanaan SKS yang baik memerlukan ketaatan segenap unsur yang terlibat, yaitu : mahasiswa, dosen wali dan tenaga administrasi, terhadap jadwal kegiatan pendidikan yang telah ditentukan, di antaranya : perkuliahan, ujian, memasukkan nilai ujian kepada Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)
 
2.1 TAHAP PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA LAMA
Pendaftaran ulang mahasiswa dilakukan dengan mengisi formulir Her Registrasi yang telah disediakan. Pada saat ini, mahasiswa harus menunjukkan tanda pengenal mahasiswa berupa KTM atau KRS bagi yang aktif dan surat keterangan cuti bagi yang cuti.
Adapun persyaratan dan prosedur daftar ulang adalah sebagai berikut :
1. Berpakaian sopan dan harus bersepatu.
2. Membawa tanda pengenal berupa KTM dan KRS yang masih berlaku.
3. Datang sesuai jadwal yang telah ditentukan (tidak melayani mahasiswa yang terlambat) jadwal diumumkan di “mading online” dan di mading STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.
4. Khusus mahasiswa yang Cuti atau Tidak Aktif, dan akan aktif semester depan diwajibkan untuk Daftar Ulang, dengan syarat membawa Surat Cuti/Surat Tidak Aktif yang diperoleh dari BAAK.
5. Mahasiswa tingkat akhir yang tidak mempunyai kelas lagi dan belum lulus sidang ujian Akhir, diwajibkan untuk Daftar Ulang.
 
2.2 TAHAP PENGISIAN KRS
1. Syarat pengisian KRS
Menyelesaikan administrasi dan telah disetujui atau diketahui oleh Bagian Keuangan.
2. Prosedur pengisian KRS
a. Pengisian KRS harus dikonsultasikan kepada Dosen Wali.
b. Sejak Semester Ganjil Tahun Akademik 2003/2004, Pengisian KRS telah dilakukan secara Online melalui Intranet di laboratorium komputer STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Untuk mahasiswa baru pengisian kolom kelas pada KRS sesuai dengan kelas yang telah dibagikan, untuk mahasiswa lama pengisian kolom kelas disesuaikan dengan kelas pilihan.
c. Lembar KRS akan dicetak oleh bagian Akademik untuk selanjutnya disetujui oelh dosen wali dan diserahkan kembali kebagian akademik untuk disahkan.
d. KRS yang telah disahkan, lembar kuning untuk mahasiswa dan lembar biru untuk Bagian Akademik.
3. Tata cara pengambilan Mata Kuliah
A. Mata Kuliah Mengulang
1. Mata Kuliah yang dapat diperbaiki adalah mata kuliah yang disajikan pada semester yang bersangkutan.
2. Jumlah SKS yang dapat diambil dalam satu semester maksimum 24 SKS termasuk mata kuliah mengulang dan praktikum. Dengan ketentuan :

 

 

Indeks Prestasi
Jumlah SKS
< 2,0
Maksimum 12
2,0 s.d 2,5
Maksimum 18
2,5 s.d 3,5
Maksimum 22
>3,5
Maksimum 24

 

 
B. Mengambil mata kuliah yang lebih tinggi
1. Mahasiswa boleh mengambil mata kuliah semester yang lebih tinggi harus memenuhi persyaratan Indeks Prestasi Kumulatif lebih besar atau sama dengan 3.00
2. Mata kuliah yang akan diambil harus diikuti pada kelas yang memiliki Jenjang dan Waktu Kuliah (pagi/sore) sesuai dengan mahasiswa yang bersangkutan.
3. Jumlah SKS yang diambil termasuk matakuliah yang diambil di kelas tidak boleh lebih dari 24 SKS.
 
2.3 TAHAP PENGAMBILAN KHS
Pada setiap akhir Semester, setelah selesainya Ujian Akhir Semester, para mahasiswa akan memperoleh Kartu Hasil Studi (KHS) untuk semester tersebut. KHS diambil di Bagian Akademik menurut jadwal yang ditetapkan.
 
2.4. UBAH, BATAL, DAN TAMBAH MATA KULIAH
Setelah perkuliahan dimulai, seorang mahasiswa dapat mengubah mata kuliah yang diambil baik dalam arti membatalkan suatu mata kuliah yang telah dinyatakan akan diambil dan menggantikannya atau menambah dengan mata kuliah lain, ataupun membatalkan suatu mata kuliah yang telah diambil tanpa menggantikannya dengan mata kuliah yang lain. Semua itu dicatat dalam KRS-nya. Pelaksanaan Ubah, Batal dan Tambah Mata Kuliah berlangsung selama satu minggu, yang dilaksanakan pada bagian akademik, yakni satu minggu sesudah perkuliahan berlangsung.
Setelah masa Ubah, Batal, Tambah berakhir, mahasiswa tidak diperkenankan lagi melakukan ubah, batal dan tambah mata kuliah.
 
3. DOSEN WALI
Untuk membantu para mahasiswa dalam rangka penyelesaian program studinya, STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati menyediakan Dosen Wali.
Dosen Wali adalah dosen atau karyawan edukatif yang ditunjuk atau diserahi tugas mebimbing sekelompok mahasiswa yang bertujuan untuk membantu mahasiswa menyelesaikan studi secepat dan seefisien mungkin sesuai dengan kondisi dan potensi individual mahasiswa. Tugas dan kewajiban Dosen Wali dapat diperinci sebagai berikut :
a. Menguasai program pendidikan yang disajikan berikut seluk-beluk tata organisasinya.
b. Membantu mahasiswa menyusun program belajar secara lengkap dan program khusus yang dipilih.
c. Membantu mahasiswa menyusun program selama satu semester sesuai dengan beban belajar mahasiswa dan perubahannya.
d. Menampung masalah akademik yang dihadapi mahasiswa bimbingannya dan turut berusaha mencarikan cara pemecahannya.
e. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas.
f. Menghadiri rapat pembinaan yang diselenggarakan oleh STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.
 
4. UJIAN DAN PENILAIAN
Ujian Mata Kuliah terdiri dari Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester untukStrata 1 dan Diploma 3, sedangkan untuk Diploma 1 adalah Ujian Akhir Tahap.
 
4.1 TUJUAN UJIAN TENGAH SEMESTER, UJIAN AKHIR SEMESTER DAN UJIAN AKHIR TAHAP
Penyelenggaraan ujian dimaksudkan untuk :
1) Menilai apakah mahasiswa telah memahami atau menguasai bahan bahasan yang disajikan dalam kuliah,
2) Mengelompokkan mahasiswa ke dalam beberapa golongan berdasarkan kemampuan,
3) Menilai apakah bahan kuliah disajikan sesuai dengan kurikulum, dan
4) Apakah cara penyajian dosen cukup baik.
Ujian tengah semester diadakan setelah selesai pembahasan beberapa pokok bahasan sesuai dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP).
Ujian akhir semester (S1 dan D3) dan Ujian Akhir Tahap (Diploma 1) diadakan setelah semua bahan perkuliahan diberikan dalam semester tersebut. Ujian dapat dilaksanakan dalam bentuk ujian tertulis, ujian lisan, ujian seminar, pemberian tugas, penulisan karangan, sesuai dengan jenis mata kuliah dan tujuan kurikuler.
 
4.2 PELAKSANAAN UJIAN SEMESTER
Ujian Tengah Semester diselenggarakan secara serempak menurut jadwal yang telah ditetapkan. Ujian Akhir Semester diadakan menurut jadwal sesuai dengan kalender akademik. Jadwal ujian diumumkan bersamaan dengan pengumuman jadwal perkuliahan. Mahasiswa yang tertimpa musibah sehingga tidak bisa mengikuti Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester atau Tugas-Tugas Akademik lainnya, akan mendapat nilai/tanda T (Tidak Lengkap) pada KHS. Nilai T ini harus diperbaiki mahasiswa sebelum akhir masa pengisian KRS semester berikutnya. Apabila tidak diperbaiki, nilai T tersebut akan diubah menjadi nilai E dalam KHS. Setiap mahasiswa diijinkan mengikuti ujian akhir semester suatu mata kuliah, bila ia hadir sekurang-kurangnya 75 % dari kegiatan kuliah/latihan tersebut selama 1 (satu) semester.
 
4.3 TATA TERTIB UJIAN SEMESTER
4.3.1. Ketentuan Umum
a) Peserta Ujian mengenakan kemeja putih, rok/celana hitam dan jas Almamater.
b) Bersepatu
c) Peserta ujian diwajibkan hadir 10 menit sebelum ujian.
d) Menyerahkan Kartu Ujian kepada pengawas ujian.
 
4.3.1. Larangan dalam Ujian
a) Mengganggu jalannya ujian,
b) Mencontoh pekerjaan ujian peserta lainnya (“nyontek”)
c) Berbicara/berbisik-bisik dengan peserta lain,
d) Meninggalkan ujian tanpa ijin pengawas,
e) Membawa dan menggunakan mesin/alat hitung, buku, diktat, catatan dan lain sebagainya kecuali bila diijinkan, diperlukan dan tercantum secara tertulis dalam soal ujian sebelum ujian dimulai.
 
4.4. SANKSI PELANGGARAN UJIAN
Terhadap peserta ujian yang melanggar tata tertib ujian dapat diambil tindakan sebagai berikut :
a. Pengawas ujian berwenang untuk menegur dan/atau mengeluarkan mahasiswa yang melanggar tata tertib ujian.
b. Dosen Penguji, Pudir I dan Direktur berwenang mengurangi nilai atau dan menyatakan kertas ujian sebagai tidak sah.
 
4.5. PENGATURAN LEBIH LANJUT
Tata tertib ujian diatur dalam keputusan Pudir I dan Pudir I dapat melakukan pengaturan lebih lanjut sesuai dengan keadaan.
 
4.6 PENILAIAN
Pedoman penilaian keberhasilan dinyatakan dalam bentuk huruf, sebagai berikut :

 

 

Nilai
Indeks Nilai
Keterangan
A
4
Memuaskan
AB
3.5
Sangat Baik
B
3
Baik
BC
2.5
Cukup Baik
C
2
Cukup
D
1
Kurang
E
0
Sangat Kurang

 

 
Mahasiswa yang mendapat nilai E wajib diperbaiki, selama masa studi yang bersangkutan belum habis. Nilai selain E diperkenankan untuk diperbaiki selama mahasiswa yang bersangkutan belum dinyatakan lulus program diploma.
Nilai D tidak diperkenankan bagi mahasiswa untuk dinyatakan lulus program Strata 1 dan Diploma.
Indeks Prestasi Kumulatif untuk Ujian Utama (Mahasiswa program Diploma) ditetapkan minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) dengan ketentuan tidak ada nilai D. Mahasiswa yang belum mencapai persyaratan tersebut, dapat memperbaiki Mata Kuliah Ujian Utama melalui semester yang ditentukan selama masa studi yang bersangkutan belum habis, untuk kepentingan Yudisium.
Ujian dapat dilaksanakan dalam bentuk ujian tertulis, lisan, ujian seminar, pemberian tugas, penulisan karangan sesuai dengan jenis mata kuliah dan tujuan kurikuler.
Komposisi penilaian akhir yang diberikan kepada seorang mahasiswa meliputi :
- Ujian tengah semester 50 % (meliputi terdiri atas penulisan makalah, penyajian makalah, laporan laboratorium/kerja lapangan, tugas penyelesaian kasus serta kuis)
- Ujian akhir semester 50 %
Komposisi tersebut dapat berubah sesuai kebijakan dari masing-masing Dosen Pembina Mata Kuliah.
Ujian dapat dilakukan dalam bentuk ujian tertulis atau ujian lisan.
 
4.7. INDEKS PRESTASI
Indeks Prestasi adalah nilai rata-rata untuk mata kuliah yang telah diambil mahasiswa. Penilaian keberhasilan dinyatakan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS) menunjukkan keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti program pendidikan dalam suatu semester, sedangkan Indeks Prestasi Kumulatif adalah hasil rata-rata seluruh Indeks Prestasi yang telah dicapai pada semester yang telah diikuti oleh mahasiswa yang bersangkutan secara kumulatif.
 
Indeks Prestasi Kumulatif dihitung dengan formula sebagai berikut :
Total Bobot
IPS =
Total SKS
Di sini :
Bobot = hasil perkalian dari indeks nilai dengan sks mata kuliah yang bersangkutan.
Contoh :

 

 

MATA KULIAH
SKS
NILAI
INDEKS
BOBOT
Kalkulus 1
2
A
4
8
Pendidikan Agama
2
B
3
6
Bahasa Inggris
2
E
0
0
Logika dan Algoritma
2
C
2
4
Algoritma dan Pemrograman 1
2
A
4
8
Pengantar Ekonomi
2
D
1
2
Pemrograman Database
2
A
1
2
Total
14
 
 
30

 

 
30
IPS = = 2,14
14
 
5. EVALUASI KEBERHASILAN
Evaluasi keberhasilan seorang mahasiswa meliputi dua bidang yaitu :
1) Evaluasi keberhasilan pengelolaan acara kegiatan akademik.
2) Evaluasi keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti keseluruhan kegiatan akademik.
 
5.1 Evaluasi Keberhasilan Pengelolaan Acara Kegiatan Akademik.
Evaluasi keberhasilan pengelola acara kegiatan dilakukan pada setiap akhir semester dan meliputi tiga aspek, yaitu :
1) Evaluasi kegiatan terprogram
2) Evaluasi kesiapan sarana penunjang
3) Evaluasi terhadap target kurikulum
Evaluasi ini bersama semua hasil evaluasi lainnya merupakan bahan pertimbangan untuk pengisian acara kegiatan akademik semester berikutnya.
Evaluasi keberhasilan mahasiswa dimaksudkan untuk memperoleh informasi atau data tentang :
1) Jumlah beban studi yang berhasil diselesaikan dalam semester yang bersangkutan,
2) Nilai keberhasilan mahasiswa,
3) Indeks prestasi semester dan indeks prestasi kumulatif,
4) Kedudukan relatif seorang mahasiswa dalam kelasnya serta nilai rata-rata.
 
Evaluasi keberhasilan mahasiswa pada tiap semester dapat dilihat pada Daftar Nilai Semester yang mencantumkan nilai keberhasilan, Indeks Prestasi Semester dan Indeks Prestasi Kumulatif.
 
5.2 Evaluasi Keberhasilan Mahasiswa dalam Mengikuti Keseluruhan Kegiatan Akademik
Evaluasi keseluruhan kegiatan akademik dimaksudkan untuk mengevaluasi mahasiswa yang telah melengkapi studinya. Mahasiswa yang dinyatakan telah selesai program studinya berhak mendapatkan ijazah Sarjana dan Diploma STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.
Di sini seorang mahasiswa dinyatakan telah selesai program studinya bila ia telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :
a. Mengumpulkan sekurang-kurangnya jumlah kredit minimum seperti telah ditentukan dalam kurikulum, yaitu Strata 1 minimal 144 SKS dari 148 SKS yang diprogramkan dan Diploma 3 minimum 110 SKS dari 115 sks yang diprogramkan.
b. Mencapai Indeks Prestasi Kumulatif labih besar atau sama dengan 2,00 (dua koma nol nol)
c. Mata Kuliah yang diujikan pada Ujian Utama harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada peraturan Ujian Utama.
d. Mata Kuliah yang bernilai E harus diperbaiki sesuai dengan peraturan.
e. Nilai rata-rata minimal C.
f. Telah lulus Ujian dalam Sidang Akhir Sarjana dan Diploma
 
Apabila Indeks Prestasi Kumulatif yang dicapai mahasiswa kurang dari 2,00 (dua koma nol nol) maka mahasiswa diperkenankan untuk memperbaikinya selama masa batas studi tidak terlampaui. Bagi Mata Kuliah yang diperbaiki, nilai tertinggilah yang dipergunakan untuk penentuan IPK.
Seorang mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seperti dimaksud diatas, akan mendapat predikat sebagai berikut :
a. Sangat Memuaskan, apabila ia memperoleh IPK antara 3,00 (tiga koma nol nol) atau lebih.
b. Memuaskan, apabila ia memperoleh IPK antara 2,50 (dua koma lima nol) sampai dengan 2,99 (dua koma sembilan sembilan)
c. Baik, apabila ia memperoleh IPK antara 2,00 (dua koma nol nol) sampai dengan 2,49 (dua koma empat sembilan)


6. SEMESTER PENDEK
Semester pendek adalah istilah yang digunakan oleh STMIK PPKIA TARAKANITA RAHMAWATI tentang kegiatan perkuliahan yang dilakukan dengan jangka waktu belajar kurang dari 1 (satu) semester (enam bulan).
Pelaksanaan Semester Pendek akan memperhatikan kondisi dan situasi yang memungkinkan, dan berdasar pada evaluasi pelaksanaan sebelumnya. Bagian Akademik memiliki hak penuh dalam kebijaksanaan pelaksanaan Semester Pendek.
Pelaksanaan semester pendek di kampus STMIK PPKIA TARAKANITA RAHMAWATI, dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Lebih dikhususkan kepada mahasiswa semester tinggi, yang memiliki keterbatasan waktu untuk perbaikan nilai pada semester reguler dan lebih bersifat sebagai pemantapan materi dari yang sudah diterima mahasiswa sebelumnya dalam kesiapan menghadapi ujian perbaikan.
2. Waktu pelaksanaan perkuliahan semester pendek dilakukan selama 1 bulan atau lebih (tergantung kemampuan mahasiswa dalam penyerapan materi)
3. Semester pendek hanya digunakan untuk pemanfaatan pengambilan matakuliah ke 2 (mengulang karena nilai yang tidak mencukupi), dengan batas minimal nilai adalah D
4. Mahasiswa diharuskan mengajukan matakuliah yang diambil dengan mengisi formulir yang disediakan di Bagian Akademik dengan melampirkan Kartu Hasil Studi.
5. Matakuliah yang diambil harus pada semester aktif yang sedang berjalan
6. Persetujuan dosen wali yang bersangkutan
7. Bentuk pelaksanaan bisa berupa tatap muka dan atau tugas yang diberikan dalam jangka waktu tertentu oleh masing-masing Dosen.
8. Menyelesaikan administrasi pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 
7. MELANJUTKAN KULIAH BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI/JENJANG
7.1 Putus Kuliah dan Batas Masa Studi
Seorang mahasiswa dinyatakan putus kuliah atau putus studinya apabila dia tidak memenuhi persyaratan akademik dan batas masa studi menurut ketentuan yang berlaku, yaitu 10 (sepuluh) semester. Selanjutnya, ia tidak diperbolehkan untuk melanjutkan studinya dan harus meninggalkan STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.
Hal-hal yang menyebabkan putus kuliah ialah :
1) Melampaui batas masa studi untuk jenjang studi sebagai berikut
Program Strata 1 : 8 – 14 Semester
Program Diploma 3 : 6 – 10 Semester.
2) Melampaui batas masa studi sesuai dengan ketentuan dalam Surat Edaran KOPERTIS Wilayah XI.
 
7.2 Cuti Akademik
Cuti Akademik adalah pembebasan mahasiswa dari kewajiban mengikuti kegiatan akademik selama jangka waktu tertentu. Cuti ini secara keseluruhan dapat diberikan sebanyak-banyaknya dua semester dan sekurang-kurangnya satu semester, dengan catatan bahwa cuti tidak boleh diambil lebih dari dua semester berturut-turut.
Permohonan cuti hanya bisa dilakukan di awal semester, hal ini sehubungan dengan pelaporan KRS tiap semester pada DIKTI yang rutin dilakukan 2 minggu setelah proses Batal Tambah KRS. Apabila di lakukan dipertengahan atau saat perkuliahan sudah berjalan maka terkena sanksi sebagai berikut :
- Nilai pada semester berjalan untuk setiap mata kuliah adalah E
- Biaya tidak dapat ditarik sesuai peraturan administrasi pada bagian keuangan.
Seorang mahasiswa yang akan mengambil cuti akademik diharuskan mengajukan permohonan cuti kepada Wakil Direktur I. Orangtua/wali dapat pula melakukan permohonan cuti ini.
Cuti Akademik diberikan melalui surat persetujuan Pudir I. Masa cuti ini tidak diperhitungkan dalam menentukan batas masa studi. Selama cuti berlangsung seluruh nilai yang pernah diperoleh oleh mahasiswa yang bersangkutan tetap berlaku.
 
7.3 Aktif Kuliah Kembali
a. Mahasiswa yang cuti akademiknya telah berakhir dan akan aktif kembali, diwajibkan memenuhi ketentuan sebagai berikut :
1) Menyelesaikan persyaratan-persyaratan administrasi ke Bagian Keuangan dengan membawa surat permohonan aktif kembali kepada Pudir I disertai lampiran Surat Persetujuan Pudir I tentang pemberian cuti akademik.
2) Permohonan aktif kembali diajukan selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum registrasi dan pengisian KRS pada semester yang bersangkutan.
b. Mahasiswa yang melewati batas masa cuti akademik pemberitahuan yang sah kepada Pudir I dikenakan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
1) Mahasiswa yang bersangkutan pada prinsipnya diperlakukan bukan lagi sebagai mahasiswa STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.
2) Mereka yang disebut pada butir a tersebut di atas jika berminat aktif kembali harus mengajukan permohonan tertulis kepada Pudir I selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum tahun akademik dimulai.
3) Mereka yang tidak menggunakan kesempatan mengajukan permohonan ke Pudir I untuk aktif kembali dinyatakan mengundurkan diri dari STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.
 
8. TUGAS AKHIR
8.1 Syarat Pengambilan Tugas Akhir
1 Minimal jumlah SKS yang telah diambil :
Diploma 3 = 95 SKS
Strata 1 = 120 SKS
2 Indeks Prestasi Akademik >= 2.50
3 Terdaftar pada semester yang bersangkutan
 
8.2 Prosedur Pembuatan Tugas Akhir
1 Mahasiswa mendaftar ke Bagian Akademik
2 Mahasiswa memperoleh Dosen Pembimbing dan Lembar Konsultasi
3 Dalam menyusun Tugas Akhir, mahasiswa harus selalu berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing
4 Setiap konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lembar konsultasi harus dibawa, untuk mencatat kegiatan yang telah dikerjakan. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing 1 minimal sebanyak 4 kali dan Dosen Pembimbing 2 sebanyak 8 kali sampai selesai/disetujuinya penulisan
5 Jika dalam waktu 6 (enam) bulan penulisan tersebut belum selesai, maka mahasiswa dapat memperpanjang dengan persetujuan Dosen Pembimbing. Dan mengambil ulang pada semester berikutnya, dengan memenuhi persyaratan administrasi yang berlaku.
6 Setelah penulisan selesai, mahasiswa mendaftarkan diri untuk mengikuti Ujian Akhir, dengan ketentuan mahasiswa memenuhi persyaratan : telah lulus semua mata kuliah diwajibkan (di luar tugas akhir) dengan IPK >= 2,50
 
8.3 Format Tugas Akhir
1. Naskah dikerjakan dengan Aplikasi Pengolah Kata
2. Naskah dicetak dan dijilid serta diberi cover sesuai dengan ketentuan
 
8.4 Prosedur Presentasi Tugas Akhir
1. Mahasiswa yang telah memenuhi butir 4.8.2 dan telah mendapatkan persetujuan untuk ujian, maka mahasiswa tersebut harus :
2. Menyerahkan Surat Persetujuan Presentasi dari Dosen Pembimbing
3. Menyerahkan buku hasil Tugas Akhir sebanyak 3 buah
4. Mempresentasikan penulisannya pada seminar dengan ketentuan :
1. Pakaian atasan putih, bawahan hitam dan memakai jas almamater
2. Waktu presentasi maksimal 45 menit, yang terbagi dalam maksimal 20 menit untuk presentasi, dan 25 menit sisanya untuk tanya jawab dan demo yang berkaitan dengan tugas akhirnya.
 
8.5 Kriteria Penulisan Tugas Akhir
Penilaian dilakukan oleh Dosen Penguji dan Dosen Pembimbing Tugas Akhir. Aspek yang dinilai meliputi :
1. Materi Tugas Akhir
2. Penguasaan Materi
3. Presentasi
Mahasiswa dinyatakan lulus Tugas Akhir apabila memperoleh nilai A atau B. Mahasiswa yang tidak lulus, diwajibkan memperbaiki hal-hal yang dianggap kurang dalam penulisannya serta mengikuti ujian ulang dengan ketentuan : menghubungi Dosen Pembimbing untuk berkonsultasi memperbaiki kekurangan dalam penulisan atau dalam ujian sebelumnya.
 
9. KARTU HASIL STUDI, IJASAH SARJANA MUDA
9.1 Kartu Hasil Studi
Pada tiap akhir semester mahasiswa akan mendapatkan Kartu Hasil Studi (KHS) yang berisi hasil evaluasi pada semester yang bersangkutan serta indeks prestasi yang dicapainya, sebagai pedoman perencanaan studi, khususnya untuk pengambilan kredit pada semester berikutnya. KHS bisa digunakan oleh Dosen Wali untuk memantau perkembangan prestasi mahasiswa yang bersangkutan.
 
9.2 Transkrip
Di dalam transkrip akademik dicantumkan semua mata kuliah yang telah diambil oleh seorang mahasiswa lengkap dengan nilai dan indeks prestasinya. Transkrip merupakan lampiran dari ijasah. Transkrip dapat juga diberikan atas permintaan mahasiswa untuk pindah kuliah, permohonan beasiswa, belajar ke luar negeri dan lain-lain.
 
9.3 Ijasah Sarjana
Kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya diberikan ijasah Sarjana untuk S1 dan Ijasah Ahli Madya (Sarjana Muda) untuk D3 sebagai tanda bukti kelulusannya, selain itu mahasiswa memperoleh Transkrip Nilai Akademik .
 
Pada saat Mahasiswa melakukan pengambilan ijazah dan transkrip akademik, diwajibkan untuk memberikan sumbangan buku kepada perpustakaan kampus STMIK PPKIA TARAKANITA RAHMAWATI, dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Buku diktat perkuliahan atau literatur umum
2. Ukuran buku, ketebalan dan harga minimal ditentukan menyusul dengan kebijaksanaan yang berubah setiap tahunnya
3. Judul buku dapat dibeli sesuai judul yang diajukan oleh Bagian Perpustakaan atau Mahasiswa dapat menentukan sendiri dengan tidak terlepas dari ketentuan pada point 2 di atas
 
10. SANKSI AKADEMIK
Tertib proses penyelenggaraan pendidikan adalah syarat mutlak untuk menciptakan suasana belajar yang baik dan untuk menjamin tercapainya mutu pendidikan. Tertib proses pendidikan wajib dijaga dan diusahakan terus peningkatannya. Semua yang terlibat dalam proses pendidikan wajib mentaati semua ketentuan akademik serta administrasi akademik dan tata tertib kehidupan kampus.
Terhadap semua pelanggaran, baik pelanggaran ketertiban kampus, maupun pelanggaran administrasi dan akademik dapat dikenakan sanksi akademik sesuai dengan etika pendidikan.
Sanksi akademik ialah hukuman akademik yang dikenakan kepada mahasiswa yang melakukan pelanggaran baik pelanggaran ketertiban kampus maupun pelanggaran administrasi dan akademik.
Sanksi akademik dapat dikenakan terhadap perbuatan :
a. Ketetapan atau pernyataan tidak benar yang ditulis dalam formulir biodata akan dikenakan teguran lisan dan tertulis.
b. Memalsukan dokumen atau berkas pendaftaran dikenakan sanksi teguran atau dikeluarkan dari STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.
c. Yang tidak melakukan kewajiban keuangan tepat pada waktunya tidak diperkenankan mengikuti semua kegiatan akademik.
d. Yang tidak melakukan pendaftaran administrasi dan pendaftaran akademik tidak diperkenankan mengikuti semua kegiatan akademik pada semester bersangkutan.
e. Apabila yang bersangkutan memaksakan diri untuk mengikuti kegiatan akademik, perkuliahan dan ujian maka yang bersangkutan dianggap tidak hadir.
f. Mahasiswa yang telah mengisi KRS, tetapi tidak mengikuti kegiatan akademik, dan tidak cuti akademik, pada akhir semester akan memperoleh nilai E untuk semua matakuliah yang direncanakan dan diperhitungkan dalam IP.
g. Mahasiswa yang mengganggu tata tertib perkuliahan dapat dikeluarkan dari ruang kuliah dan berakibat negatif bagi mata kuliah bersangkutan.
h. Mahasiswa yang tidak mentaati tata tertib ujian atau melakukan kecurangan, akan dikenakan sanksi :
a. Teguran
b. Tidak diperbolehkan mengikuti ujian
c. Ujian dibatalkan dan memperoleh nilai E
i. Pemalsuan akademik seperti penyontekan, jiplakan skripsi dan lain-lain, dan semua bentuk kecurangan akademik baik yang dilakukan dalam mengikuti perkuliahan maupun dalam ujian dapat dikenakan tindakan :
1) Pembatalan ujian atau skripsi
2) Dikeluarkan dari STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.
j. Semua pelanggaran tata tertib kehidupan kampus atau yang merusak kehidupan kampus akan dikenakan tindakan :
1) Skorsing atau larangan mengikuti kegiatan akademik
2) Diserahkan kepada yang berwajib
3) Dikeluarkan dari STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.
 

 

Berita Harian Akademik


© 2002 - 2015 | Bagian Sistem Informasi