Silabus Mata Kuliah D3 - Manajemen Informatika

Published Date
Pendidikan Pancasila
Kode Mata Kuliah : MPK01
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasisiwa dapat memahami pancasila, menghayati dan mengamalkan nilai-nilainya, menghayati dan mengamalkan sistem kenegaraan Republik Indonesia berdasarkan uud 1945, memahami dan menghayati nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa serta memahami usaha mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Silabus Singkat :
Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara republik indonesia. Pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila. Uud 1945. Sejarah perjuangan bangsa indonesia. GBHN dan repelita. Hubungan UUD 1945 dan GBHN. Tujuan dan pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa indonesia. Pola umum pembangunan nasional repelita.
  
Pendidikan Agama
Kode Mata Kuliah : MPK02
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa mempunyai tingkah laku yang baik sesuai dengan ajaran agama masing-masing dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama pada profesinya masing-masing.
Silabus Singkat :
Agama Islam :
Apakah manusia itu ? Keseimbangan jasmani dan rohani pada manusia. Hubungan manusia dengan sang pencipta/Allah swt. Hubungan manusia dengan dirinya, dengan sesama manusia, dengan makhluk lain dan lingkungannya. Iman kepada keesaan Tuhan (tauhid). Fungsi dan peranan manusia dalam alam semesta. Tugas manusia dalam membangun dunia yang diridhoi Allah. Hakekat tujuan hidup manusia. Tangggungjawab manusia atas segala perbuatannya. Hubungan antara iman dan amal soleh. Manusia sesudah mati. Tujuan hidup yang benar.
Agama Kristen
Manusia bertanggungjawab. Studi di perguruan tinggi. Apakah waktu itu ? Watak seorang mahasiswa. Cara belajar, berkuliah, membuat ringkasan, menghafal. Iman dan ilmu pengetahuan. Kejadian alam semesta. Mengapa terjadi konflik antar iman dan ilmu pengetahuan ?
Agama Katolik
Allah di dunia adalah kristus. Kristus didunia adalah gereja. Gereja di dunia adalah kita. Rencana Allah. Penciptaan. Doa dan penebus. Gereja panggilannya. Berakar dalam dunia. Kerasulan gereja dan teknik modern. Berjalan dengan Tuhan. Bertekat mencapai sukses. Refleksi iman atas pembangunan dan pembebasan. Seksualitas, perkawinan dan keluarga. Refleksi iman atas masalah aktual dalam dunia.
Agama Hindu/Budha
Catur paramita. Panca/attha/dasa-sila. Sadparamita. Nirvana (budha) trikaya, pararisudha. Tririna. Triguna. Catur paramita. Panca yana/niyama. Asthabratha (hindu)
 
Pendidikan Kewarganegaraan
Kode Mata Kuliah : MPK03
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa mempunyai pengertian dan kesadaran hankamnas di lingkungan mereka, dan diharapkan para mahasiswa mempunyai pengetahuan untuk bersifat kritis dan efektif guna dapat menghadapi dan mengetahui masalah yang ada hubunganya dengan ketahanan nasional. Selain itu mahasiswa diharapkan mempunyai gambaran kedudukan mata kuliah dasar umum yang meliputi pengetahuan tentang wawasan nusantara, mempunyai pengetahuan tentang politik dan strategi nasional, politik dan strategi hankamnas dan sistem hankamrata, serta untuk meperluas cara berpikir mahasiswa sebagai kader perjuangan bangsa.
Silabus Singkat :
Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik Strategi Nasional, Politik Strategi Hankamnas, Sistem Hankamrata
 
Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah : MPK04
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat :
Tujuan :
Memberi pengetahuan dan pemahaman mengenai tata bahasa Indonesia secara umum dan kaidah-kaidah penulisan makalah, resensi buku, artikel, opini dll
Silabus Singkat :
Definisi dan Karakteristik Bahasa Indonesia, Ejaan Yang Disempurnakan, Kalimat Efektif.,Pungtuasi, Alenia, Catatan Kaki, Kutipan, Bibliografi dll, Dasar-dasar penulisan Makalah, Artikel, Opini, Dasar-dasar Resensi Buku, Dasar-dasar Menulis Esai dan Kolom, Latihan Penulisan Makalah, Membuat Resensi Buku, Menulis Esai dan Kolom
 
Bahasa Inggris I
Kode Mata Kuliah : MPK05
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat :
Tujuan :
mahasiswa memiliki kemampuan komunikatif pada situasi sehari-hari (survival situation)
Silabus Singkat :
Introduction, Vocabulary unutk percakapan sehari-hari, English at Shooping, transportation, restauran, reservation dll.
 
Bahasa Inggris II
Kode Mata Kuliah : MPK06
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : MPK04
Tujuan :
Agar mahasiswa mempunyai kemampuan untuk berbicara dalam bahasa Inggris.
Silabus Singkat :
Monolog, dialog, diskusi, mengajukan lamaran,wawancara dan contoh-contoh frasa yang biasa
 
Interaksi Manusia dan Komputer
Kode Mata Kuliah : MPB01
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :

Mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang interaksi antara manusia dengan komputer sebagai alat bantu dan memanfaatkan komputer sebagai media informasi dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah desain antar muka dengan pemakai yang mudah dipahami.

Silabus Singkat :
Pentingnya IMK, pengertian User - Customer dan perilakunya, User Interface Design, Input Output Device, Pembuatan Prototipe, Pemanfaatan Web (Web Usability), eCommerce Design dan Multimedia Interface.
 
Metode Penelitian
Kode Mata Kuliah : MPB02
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Memberi pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pembuatan telaah kepustakaan, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan rancangan penelitian. Rancangan penelitian mencakup pembentukan model atau kerangka penelitian, identifikasi variabel sampai ke operasionalisasinya, pemilihan sumber data serta cara pengumpulannya. Dalam bagian terakhir, penekanan diberikan kepada cara penulisan hasil penelitian secara keseluruhan
Silabus Singkat :
Jenis dan karakteristik penelitian, metode-metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, pemahaman bab-bab penulisan karya ilmiah beserta tata cara dan aturan-aturan. Contoh-contoh penulisan laporan dan bentuk-bentuk laporan penelitian.
 
Rekayasa Perangkat Lunak
Kode Mata Kuliah : MPB03
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Mahasiswa mengetahui prinsip dan konsep desain perangkat lunak, estimasi proyek perangkat lunak dalam perencanaan proyek perangkat lunak, sehingga pada akhirnya mahasiswa dapat membuat proyek rekayasa perangkat lunak menggunakan metode dan teknik yang telah dipelajari.
Silabus Singkat :
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak, Perencanaan Proyek Perangkat Lunak, Konsep dan Prinsip Dasar Analisis, Analisis Pemodelan, Strategi Pengujian Perangkat Lunak, Teknik Pengujian Perangkat Lunak, Pengujian Perangkat Lunak.
  
Tugas Pemrograman 1 dan 2
Kode Mata Kuliah : MPB03 dan MPB04
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Melatih mahasiswa secara mandiri untuk membuat aplikasi / program pengolahan database dengan relasionalnya, minimal 2 tabel, beserta penyusunan dan pembuatan laporan, dengan ketentuan :
Kombinasi 1
Tugas Pemrograman 1 menggunakan bahasa pemrograman versi DOS, misal Turbo Basic, Foxpro, Pascal.
Tugas Pemrograman 2 menggunakan pemrograman Visual atau Web Database atau Java Programming
Kombinasi 2
Tugas Pemrograman 1 menggunakan bahasa pemrograman Visual (VB, VB Net, V FoxPro atau Delphi)
Tugas Pemrograman 2 menggunakan Web Database Programming atau Java Programming
Pemilihan Bahasa Pemrograman bebas oleh masing-masing mahasiswa.
 
Algoritma dan Pemrograman I
Kode Mata Kuliah : MKK01
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa memahami dan mengerti pengertian algoritma sebagai dasar pembuatan program komputer mengetahui dan menggunakan simbol flowcharting, dapat membuat flowcharting bagi suatu masalah, bahasa pemrograman basic, dapat menggunakan stetement basic. Mahasiswa dapat membuat program untuk mengelola database menggunakan Visual Basic dan Database Access
Silabus Singkat :
Struktur bahasa dan operasi Output, Tipe data, Operasi Input dan Matematik, simbol flowcharting, program flowcharting. Penggunaan Branching dan Looping dalam pemrograman. Pemrograman databse menggunakan Visual Basic dengan database Access, mulai isi, edit, hapus, laporan dan transaksi.
 
Algoritma Dan Pemrograman II
Kode Mata Kuliah : MKK02
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : MKK01
Tujuan :
Agar mahasiswa mengenal bahasa pemrograman tingkat tinggi yang terstruktur yang populer, menggunakan compiler Turbo Pascal 7.0, yang banyak diminati dikalangan penyuka eksperimen dan akses perangkat keras.
Silabus Singkat :
Konsep dasar bahasa PASCAL, macam data sederhana, data input dan output, struktur kendali, procedures & functions, array, rekord, berkas, himpunan, list & pointers.
 
Kalkulus I
Kode Mata Kuliah : MKK03
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat :
Tujuan :
Mempelajari dan menguasai konsep kalkulus dasar berupa pengertian fungsi dan turunannya, teknik-teknik integrasi
Silabus Singkat :
Aljabar vektor, limit fungsi, turunan fungsi, aturan L'Hospital, nilai ekstrim, kelengkungan, integral tak tentu, teknik-teknik integrasi, persamaan diferensial, integral tertentu
 
Kalkulus II
Kode Mata Kuliah : MKK04
Jumlah SKS : 1
Mata Kuliah Prasyarat : MKK03
Tujuan :
Agar mahasiswa memahami konsep tentang barisan/deret serta berbagai sifatnya, dapat menyelesaikan persoalan mengenai turunan parsial, persamaan diferensial, integral lipat, termasuk kurva dan permukaan dalam ruang
Silabus Singkat :
Barisan bilangan, deret konvergensi, deret kuasa, konvergensi uniform, deret Mc. Laurin dan Taylor. Integrasi dengan pendekatan Simpson, trapesium. Fungsi 2 variabel atau lebih dan turunan parsial. Integral lipat dan aplikasinya Kurva dan permukaan dalam ruang 3-dimensi
 
Aljabar Linier
Kode Mata Kuliah : MKK05
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Memberikan pengetahuan tentang konsep dasar Aljabar Linear. Agar mahasiswa memahami ruang vektor serta menguasai berbagai jenis operasi dalam ruang vektor, serta dapat menjelaskan vektor sebagai anggota dari sebuah ruang vektor dan berbagai sifat yang dimilikinya, selain dari itu agar mahasiswa dapat melakukan operasi=operasi matriks, termasuk determinan, transformasi linier, dan persamaan linier.
Silabus Singkat :
Vektor dalam Rn, bebas/tidak bebas linier, ruang vektor, basis, dimensi, matriks, operasi-operasi matriks, jenis-jenis matriks, transformasi elementer baris/kolom, rank matriks, determinan, pemetaan/transformasi linier, persamaan linier, eliminasi Gauss, matriks Inverse, vektor dan harga karakteristik, similarity, diagonalisasi, bentuk kuadratis dan irisan kerucut.
 
Statistika
Kode Mata Kuliah : MKK06
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Memahami Arti dan ruang lingkup setta kegunaan statistika, membahas karakteristik data secara terperinci dan mencari ukuran yang relevan, bagi gelagat-gelagat suatu masalah, mempunyai gambaran tentang probabilitas, berbagai jenis distribusi, serta mampu mengolah data untuk tujuan analisis. memahami serta menggunakan cara pengujian hipotesa, analisis sederhana dan korelasi
Silabus Singkat :
Pengertian statistika, distribusi frekuensi, harga rata-rata dan ukuran pemusatan, standar deviasi dan ukuran penyebaran, probabilitas distribusi binomial, poisson, normal. Distribusi sampling, penaksiran, distribusi t, chi kuadrat, F, pengujian hipotesis, analisis regresi sederhana dan korelasi
 
Logika dan Algoritma
Kode Mata Kuliah : MKK07
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Memberikan gambaran kepada mahasiswa, bagaiman proses logika yang berlangsung pada control unit, dengan teori-teori logika dan algoritma, beserta operator-operator dan operan logika.
Silabus Singkat :
Membuat flowchart program beserta pseudocode, mulai dari proses perhitungan sederhana, branching, looping, array, matriks sampai penanganan data dengan simbol-simbol flowchart.
 
Struktur Data
Kode Mata Kuliah : MKK08
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa dapat menguasai dan mampu memahami teori dasar struktur dan penanganan data, serta menyusun algoritma dan pemanfaatan bentuk struktur tersebut, meningkatkan pemahaman struktur data dan penanganan data bagi perencanaan algoritma dan menyusun program
Silabus Singkat :
Data, deklarasi dan mapping ke array, mapping ke storage dari array, triangular array & sparse array, record, mapping ke storage dari record, stack, aplikasi stack, mapping ke storage dari stack, queue, cara peletakan elemen pada queue, dequeue, priority dequeue, linked list, linked list dalam memory, deklarasi dalam linked list, manipulasi linked list, pohon umum dan pohon biner, graph dan aplikasinya, sortir dan cari
 
Akuntansi I
Kode Mata Kuliah : MKK09
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa mengetahui mengenai prinsip akutansi, proses akutansi untuk menyusun ikhtisar keuangan pada perusahaaan, publikasi, termasuk penjelasan mengenai beberapa perkiraan neraca, memperoleh gambaran tentang cara menyusun suatu laporan keuangan, menerapkan prinsip akutansi Indonesia dan membahas pos neraca seperti kas, piutang, persediaan, hutang jangka pendek.
Silabus Singkat :
Pengertian Akuntansi, Laporan Persamaan dasar Akuntansi, Laporan Keuangan, Jurnal Umum, Buku Besar, Neraca Saldo, Jurnal Penyesuaian, jurnal Umum dan Khusus Perusahaan Dagang
 
Akuntansi II
Kode Mata Kuliah : MKK10
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : MKK09
Tujuan :
Agar mahasiswa mempunyai pengetahuan yang lebih mendalam mengenai neraca secara keseluruhan, pos rugi laba sesuai prinsip akuntansi dan peraturan pajak pendapatan, mampu menyusun dan mengajukan laporan keuangan secara lengkap termasuk semua pos-pos neraca serta dapat menjelaskan pengertian dan prinsip-prinsip: investasi jangka panjang, hutang jangka panjang, modal saham dan sebagainya.
Silabus Singkat :
Pengertian Akuntansi Perusahaan Manufaktur, Neraca Lajur dan Laporan Keuangan pada perusahaan manufaktur, Rekonsiliasi bank, Persediaan, Aktiva Tetap dan Piutang Dagang .
 
Pengantar Teknologi Informasi
Kode Mata Kuliah : MKK14
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa paham dan mengerti Teknologi Informasi beserta perkembangannya, pemanfaatan teknologi informasi dan perkembangannya, pengenalan jaringan dan eCommerce, keamanan dan UU iTE.
Silabus Singkat :
Definisi Komputer, Penggunaan Komputer di berbagai bidang, Perkembangan IT, Sistem Informasi berbasis teknologi informasi dalam organisasi modern, Pengenalan Internet, Manajemen Data, Sistem Bilangan, Telekomunikasi dan Jaringan, eCommerce, Sekuriti dan UU ITE.
 
Teknik Riset Operasional
Kode Mata Kuliah : MKK15
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa mampu merumuskan problema optimisasi dalam linier dan menyelesaikannya, menyelesaikan problema linier programming, problema transportasi, dapat memahami dan menguasai konsep probabilitik programming, dapat menjelaskan konsep linier programming, kuadratis programming, deterministik, dynamics programming, decision theory, serta menyelesaikan berbagai probabilitas programming.
Silabus Singkat :
Pendahuluan linier programming, pembuatan model, metode grafik, metode simplek, dualitas, metode pojok barat laut (north west corner), metode batu lancatan (stepping stone), masalah transportasi. Non linier programming, optimasi single variabel, problema local dan global optimal, dynamics program (DP), Game theory.
 
Pengantar Ekonomi
Kode Mata Kuliah : MKK16
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa memahami aspek-aspek pengelolaan perusahaan sebagai lingkungan internal dan kaitan konseptualnya dengan aspek ekonomi. Memahami tentang konsep permintaan dan penawaran barang, perilaku konsumen dan fungsi biaya, serta struktur pasar.
Silabus Singkat :
Topik tingkah laku konsumen, mencakup utiliti, permintaan dan elastisitas permintaan.
Tingkah laku produsen, meliputi fungsi penawaran, konsep elastisitas penawaran dan fungsi biaya.
Bentuk pasar terdiri dari rangkaian yang dimulai dari persaingan sempurna sampai monopoli, dan hubungannya dengan proses penciptaan harga, serta tingkat produksi. Serta penerapan konsep di atas dalam beberapa sistem ekonomi termasuk indonesia.
 
Manajemen Umum
Kode Mata Kuliah : MKK17
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Membahas mengenai fungsi dan prinsip dasar manajemen, memberikan pengetahuan dan pengertian tentang fungsi dan prinsip manajemen yang dapat digunakan sebagai dasar penyusunan kebijaksanaan manajemen secara umum
Silabus Singkat :
Latar belakang/pengenalan manajemen, kepemimpinan dan manajemen, perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, pemanfaatan sumber daya manusia, motivasi dan komunikasi, pengawasan, penilaian, pengembangan organisasi
 
Sistem Informasi Manajemen
Kode Mata Kuliah : MKB01
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat :
Tujuan :
Agar mahasiswa mengetahui secara komprehensif tentang peranan SIM dalam menunjang manajemen organisasi, pada umumnya, memiliki wawasan yang cukup, terutama tentang bagaimana pendekatan dalam membangun, mengembangkan dan menerapkan SIM untuk menunjang fungsi manajemen.
Silabus Singkat :
Pengantar Sistem Informasi berbasis komputer, penggunaan teknologi informasi untuk keunggulan kompetitif, Teknologi informasi dalam jaringan perdagangan, Sistem penunjang Keputusan, manajemen informasi, End User Computing, Penerapan Sistem Informasi Global, Implikasi Etis dari teknologi Informasi, Model Sistem Umum Perusahaan, Pendekatan Sistem.
 
Berkas dan Akses
Kode Mata Kuliah : MKB02
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa memahami cara pengorganisasian file di dalam komputer secara logic dan arsitektur komputer yang menggunakan memori internal maupun eksternal dalam sistem operasinya. Memahami konsep dasar sistem berkas dalam media penyimpanan dan mengetahui kinerja pada organisasi file dan proses kontrol input dan output.
Silabus Singkat :
Klasifikasi berkas, Primary dan Secondary Memory, Magnetic Tape dan Magnetic Disk, Organisasi berkas Sekuensial, Organisasi Berkas Relatif, Organisasi Berkas Indeks Sekuensial, Organisasi Berkas Multikey, Sort and Merge File, Kontrol Input Output.
 
Manajemen Jaringan Komputer dan Komunikasi Data
Kode Mata Kuliah : MKB03
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
memberikan wawasan tentang komunikasi data yang terdapat pada komputer, komunikasi yang berupa jaringan komputer dijelaskan kepada mahasiswa mulai dari bentuk jaringan berdasarkan topologi, common carrier, handshaking method dan acknowledgement antar komputer yang menjadi dasar bentuk jaringan komputer. Mahasiswa dapat melakukan deteksi, instalasi dan troubleshooting jaringan secara langsung.
Silabus Singkat :
Pengantar komunikasi (bentuk dan komponen), komponen pembentuk jaringan dan jenis jaringan, Topologi LAN, MAN, WAN dan Pengantar VPN, Network Protokol, Pengenalan IPv6, Mengenal jaringan dan koneksi, implementasi pada sSistem Operasi Windows, Mengenal jaringan dan koneksi, implementasi pada sSistem Operasi Linux, Instalasi Mandiri oleh mahasiswa, Penjelasan High End networking.
 
Sistem Operasi
Kode Mata Kuliah : MKB04
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Mahasiswa mengetahui tentang salah satu jenis software yang ada, yaitu software yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat keras. Perangkat lunak (software) tersebut adalah sistem operasi. Seluk beluk sistem operasi, rangkaian kerja dan penanganan serta event-event penting sebagai mesin penggerak dari sistem operasi itu sendiri adalah sebuah gambaran dasar yang memang harus dilaksanakan sebagai rutinitas
Silabus Singkat :
Pengenalan dan sejarah sistem operasi, proses schedulling, struktur sistem operasi, pengendalian perangkat lunak, manajemen subroutine dan service call, manajemen memori.
 
Otomasi Perkantoran
Kode Mata Kuliah : MKB05
Jumlah SKS : 4
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Mahasiswa dapat menggunakan aplikasi pengolah kata dan pengolah data, yang merupakan aplikasi sederhana, untuk membantu proses surat menyurat dan perhitungan yang akan banyak dijumpai pada pekerjaan kantor, juga sebagai langkah awal untuk penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak sederhana dan pembuatan Flowchart.
Silabus Singkat :
Pembuatan surat menyurat, kolom, tabel, formula dan mail merge. Perhitungan data, pembacaan data, database sederhana dan grafik dan pembuatan flowchart menggunakan MS Office.
 
Sistem Basis Data
Kode Mata Kuliah : MKB06
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa memahami berbagai jenis sistem Database serta struktur dan operasi-operasinya, dapat menjelaskan konsep dasar database
Silabus Singkat :
Konsep sistem database, relational database, Normalisai, Structure Query Language
 
Sistem Informasi Akuntansi
Kode Mata Kuliah : MKB07
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa paham dan mengetahui bagaimana melakukan otomatisasi pembukuan perusahaan untuk kepentingan pengambilan keputusan perusahaan secara tepat.
Silabus Singkat :
Pengantar Dasar Akuntansi dan bentuk otomatisasi, Dasar MYOB, Lembar Kerja dan Persiapan General Ledger, Card File, Inventory, Purchases,Sales, Time Billing, Banking

Pengelolaan Instalasi Komputer
Kode Mata Kuliah : MKB11
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa mwmahami struktur organisasi dan perlengkapan dari suatu instalasi komputer, dapat menjelaskan organisasi dari suatu instalasi komputer yang meliputi: Hardware, software, braindware, mampu merencanakan suatu instalasi komputer.
Silabus Singkat :
Pengenalan perangkat komputer, Central Processing Unit, pengenalan komponen dan instalasi perangkat komputer, instalasi mandiri, pengenalan sistem operasi windows dan linux, instal mandiri sistem operasi windows dan linux.
 
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi
Kode Mata Kuliah : MKB12
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa dapat memahami, menganalisa serta mampu merancang/mendesain sistem informasi sehingga dapat mengelola informasi dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Silabus Singkat :
Pengantar,Metodologi Sistem Informasi, Pengembangan Sistem Informasi, Pembuatan BAD, DAD dan Kamus Data, contoh a small business system, system design, feasibility study,detailed design,implementasi Studi Kasus : hingga pembuatan Kamus Data.
 
Sistem Operasi Unix / Linux
Kode Mata Kuliah : MKB13
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat :-
Tujuan :
Mahasiswa memahami sistem operasi yang lain dari yang selama ini dikenal, beserta pengaturan-pengaturannya dan aplikasi-aplikasi office yang ada yang bersifat open source.
Silabus Singkat :
Pengenalan distro-distro yang ada, Perintah-perintah dalam SO unix, Pengaturan hak akses dan kepemilikan, startx, open office.
 
Pemrograman Berorientasi Objek I
Kode Mata Kuliah : MKB14
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat :
Tujuan :
Agar mahasiswa memahami teknik pemrograman dalam bahasa pemrograman Turbo C++ serta penerapan lanjut pemrograman OOP (Object Oriented Programming) dan dapat membuat berbagai program untuk bermacam masalah dalam bahasa Turbo C++
Silabus Singkat :
Konsep dasar bahasa Turbo C++, macam data sederhana, data input dan output, struktur kendali, class, constructor, destructor, procedures & functions, array, rekord, berkas.
 
Pemrograman Berorientasi Objek II
Kode Mata Kuliah : MKB15
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat : MKB14
Tujuan :
Agar mahasiswa memahami teknik pemrograman dalam bahasa pemrograman Java 2 serta dapat membuat berbagai program untuk bermacam masalah dalam bahasa Java 2 dengan koneksi database Microsoft Access.
Silabus Singkat :
Konsep dasar bahasa Java, macam data sederhana, data input dan output, struktur kendali, class, procedures & functions, array, rekord, berkas. Java database programming dengan Netbeans 5.1
 
Pemrograman Internet I
Kode Mata Kuliah : MKB16
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Agar mahasiswa memahami teknik pembuatan web site mulai dari yang sederhana dengan notepad hingga yang bersifat statis menggunakan adobe dreamweaver sehingga lebih menarik, karena informasi saat ini tidak terlepas dari internet.
Silabus Singkat :
Perintah-perintah html, font, kolom, insert image, table, frame. Pembuatan situs dengan menggunakan notepad, dreamweaver, pembuatan animasi dan proses upload pada free hosting
 
Pemrograman Internet II
Kode Mata Kuliah : MKB17
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : MKB16
Tujuan :
Agar mahasiswa memahami web database, beserta pengelolaannya menggunakan Avtive Server Pages dengan database Access 2007.
Silabus Singkat :
Dasar-dasar ASP, Branching Looping dan Fungsi String pada ASP, Database Access, koneksi database Microsoft Access dengan ASP. Perintah-perintah SQL, insert, update,delete.
 
Pemrograman Visual / GUI
Kode Mata Kuliah : MKB18
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat :
Tujuan :
Mahasiswa memahami komponen-komponen pemrograman .NET, serta event handle dan penanganan pengolahan database menggunakan Pemrograman Microsoft Visual Basic .NET 2003 dengan database Microsoft Access
Silabus Singkat :
Pengenalan komponen visual, properties, event handle, pembuatan database dengan Microsoft Access, Akses database dengan pemrograman Visual Basic NET 2003, serta penanganan kasus-kasus sederhana sampai dengan transaksi dan relational tabel.
 
Pemrograman DBMS
Kode Mata Kuliah : MKB19
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat :
Tujuan :
Mahasiswa mengerti dan memahami perintah interaktif FoxPro dan komponen-komponen pemrograman Visual Foxpro 9.0, serta event handle dan penanganan pengolahan database menggunakan Pemrograman Microsoft VisualFoxpro 9.0
Silabus Singkat :
Pengantar Konsep dan Pembuatan Database, Mengenal dan Pembuatan Form, Fungsi-fungsi komponen dan event handle  setiap komponen, pembuatan program sederhana, pembuatan project aplikasi transaksi beserta laporan dan menu sebagai modul integrasi.
 
Sistem Basis Data Lanjut
Kode Mata Kuliah : MKB20
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : MKB06
Tujuan :
Memberikan pengetahuan tentang metode pengarsipan data secara terpadu dengan menggunakan sistem database, yang berisi uraian tentang latar belakang dan arsitektur sistem database, konsep pengamanan data dalam sistem database. Memahami rancangan dan struktur logik dan fisik data model database.
Silabus Singkat :
Arsitektur sistem database, Representasi query, kosep pengamanan database, pembuatan dan manajemen database menggunakan SQL Server

Desain Grafis
Kode Mata Kuliah : MKB34
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat :
Tujuan :
memberikan pengenalan dasar mengenai sebuah desain, mulai dari desain awal berupa vektor, sampai desain akhir berupa gambar 2 dimensi. Dengan pengetahuan desain, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kreatifitasnya dalam mengolah gambar dan photo serta mampu membentuk jiwa kewirausahaan.
Silabus Singkat :
Pembuatan objek atau image dengan corel draw x3, beserta teknis-teknisnya, pemberian efek pada suatu image atau objek menggunakan Adobe Photoshop.
 
Kapita Selekta
Kode Mata Kuliah : MKB35
Jumlah SKS : 3
Mata Kuliah Prasyarat :-
Tujuan :
Matakuliah ini adalah matakuliah dengan materi yang fleksibel menyesuaikan dengan perkembangan bahasa pemrograman yang sedang up to date atau trend. Misal : Java Serfver Pages (JSP), PHP, XML. WAP dan lain-lain
Silabus Singkat :
Pengenalan bahasa pemrograman yang digunakan, Pembuatan database, pembuatan table, pengaksesan data, insert, update, delete menggunakan JSP / PHP / XML / WAP
 
Pemrograman Visual GUI Lanjut
Kode Mata Kuliah : MKB36
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat :
Tujuan :
Mahasiswa memahami komponen-komponen pemrograman generasi 4, serta event handle dan penanganan pengolahan database menggunakan Pemrograman Borland Delphi 7.0 dengan database sederhana Paradox.
Silabus Singkat :
Pengantar RAD dan VCL, Pengenalan komponen visual, properties, event handle, event driven programming, branching, Fungsi matematika, string dan sistem, pembuatan database dengan Paradox. Pemrograman untuk mengelola suatu database, isi, koreksi, hapus, relasional.
 
Desain Grafis Lanjut
Kode Mata Kuliah : MKB37
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Memberikan pengetahuan dasar tentang grafis 3D, multimedia dan animasi serta proses memadukan program 3D Studio Max dengan graphic vector dan raster image. Selain itu juga untuk menggali kemampuan dari 3D Studio Max dalam hal modelling dan animasi 3D.
Silabus Singkat :
Efek efek pada photoshop dan flash dengan macromedia
 
Organisasi dan Metode
Kode Mata Kuliah : MBB01
Jumlah SKS : 2
Mata Kuliah Prasyarat : -
Tujuan :
Dengan mengerti dan memahami teori manajemen maupun tata kerja yang harus dilakukan, maka organisasi yang dinamis bisa selalu mengikuti perkembangan lingkungan baik yang internalmaupun eksternal. Tanpa mengabaikan pedoman penerapan asas pendayagunaan (efficiency) dan berhasil guna (effective) maka permasalahan yang dihadapi setiap organisasi yang menyangkut keterbatasan sumber-sumber maupun peningkatan tuntutan-tuntutan masyarakat bisa diatasi.
Silabus Singkat :
Arti pentingnya Organisasi dan Metode. Ruang Lingkup Organisasi dan Metode. Teori dan Proses Organisasi. Konflik Organisasi, Kepemimpinan.Tata Kerja, Prosedur Kerja dan Sistem Kerja.

 

 

 

Catatan :

Silabus materi perkuliahan dapat berubah sesuai dengan perkembangan kurikulum dan evaluasi dari pengajaran sebelumnya.

Wakil Ketua 1
Bidang Akademik dan Kurikulum

Berita Harian Akademik


© 2002 - 2015 | Bagian Sistem Informasi