Windows 7

Published Date

Image
        Kabar apa dari dapur Microsoft ? Berita terbaru adalah perkiraan pengganti dari Windows Vista. Mengapa Windows baru ini harus diganti ? Perkiraan terakhir dari beberapa media Amerika, mulai dari USA Today sampai dengan The Guardian adalah Microsoft perlu memperlunak penggunaan perangkat dibawah Windows Vista.
        Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kebutuhan perangkat keras pada Windows Vista cukup berat, dengan memory "hanya" 512 MB untuk menjalankan Windows Vista Home Edition masih sangatlah berat, belum lagi apabila menggunakan Windows Vista Ultimate dengan kemampuan Flip-3D-nya.

 

Image

        Tepatnya tanggal 30 Januari 2007 lalu Windows Vista diluncurkan, pihak Microsoft sendiri meng-klaim akan menggantinya menggantinya dengan OS baru di 30 Januari 2010. Namun apa yang terjadi ? beberapa rekanan microsoft telah diberikan versi preview dari Windows Versi 7 ini. Windows 7 M1 (Milestone 1) adalah versi awal yang sudah diberikan kepada vendor tersebut. Tujuan dari dikeluarkannya versi ini menurut beberapa informasi yang dihimpun oleh Administrator adalah sebagai pengganti Windows XP, karena kebutuhan perangkat minimal yang diperlukan untuk versi Windows 7 ini lebih rendah dibandingkan Windows Vista yang cukup menguras dana untuk mewujudkannya menjadi "smooth running".

        Marilah kita lihat bersama, perubahan apa yang dimunculkan oleh Microsoft di versi terbaru Windowsnya ini.

ImageImage

        Untuk desktop bar tidaklah mengalami perubahan berarti, masih sama dengan Windows Vista. Namun dapat diamati terdapat pengelolaan lebih baik untuk "tray icons", terdapat window khusus untuk mengelolanya.

        Perubahan pada desktop menu dapat diamati pada gambar berikut. Tersedia icon berupa "pin" untuk memindahkan menu yang sebelumnya dari aplikasi yang sering digunakan, dipindahkan ke bagian "Quick Launch".

ImageImage

        Terdapat tambahan menu pada Windows Explorer, yaitu pilihan "Recently Changed" artinya dokumen yang terakhir diubah akan dimunculkan pada bagian ini apabila link ini dipilih untuk diaktifkan.

Image

        Untuk setting desktop-nya Windows 7 diubah tampilan perubahan posisi wallpaper. Pada kondisi awalnya (gambar kiri berikut) adalah posisi pada Windows Vista, digantikan menjadi posisi ComboBox pada gambar kanan.

ImageImage

        Satu hal yang ditambahkan oleh pihak Microsoft adalah kedekatan dengan penggunanya. Terdapatnya icon "Feedback Button", yang nantinya dapat digunakan pengguna untuk mengirimkan keluhan-keluhan yang dirasakan penggunanya. Kondisi ini baru dimunculkan pada versi Windows 7 ini.

ImageImage

Image

        Seperti yang Anda amati pada gambar di atas, terdapat perubahan pada Windows Media Player, namun tidak ada perubahan pada browser-nya, yaitu Microsoft Internet Explorer (MSIE) 7. Hanya update menjadi versi 7.1, tidak sesuai perkiraan bahwa Microsoft akan menggunakan MSIE 8.

Image

        Perubahan lain yang dilakukan oleh Microsoft adalah Calculator. Cukup aneh bukan ? Tetapi memanglah kondisi ini perlu dipertimbangkan. Mulai dari Windows 98 sampai dengan Windows Vista, software untuk menghitung ini tidak mengalami perubahan sama sekali. Silahkan Anda mengamati 4 (empat) gambar berikut yang menunjukkan perubahan pada Calculator Windows 7.

ImageImageImageImage

        Anda memiliki kalkulator Casio Scientific ? mungkin figur tersebut yang dipergunakan Microsoft untuk perubahan pada Calculatornya, namun memang masih perlu pembenahan pada Calculator tersebut, seperti fasilitas grafik yang terdapat Calculator Casio pada umumnya, selain itu juga menampilkan angka pecahan seperti 1/2, 1/4 dsb.

        Perubahan lain yang disempurnakan Microsoft adalah ukuran huruf bagi beberapa orang yang mungkin dirasakan ukurannya terlalu kecil. Pilihan perubahan huruf ini dapat dengan mudah dilakukan pada Control Panel Windows 7.

Image

        Kehebatan yang bagi penulis sangatlah berguna adalah fasilitas "Recovery Console"-nya. Mungkin kita semua sebagai pengguna Windows kadang perlu melakukan instalasi ulang Windows pada periode tertentu, karena kadang driver-driver yang tidak berguna dari instalasi software yang telah dihapus masih tersimpan, atau juga perbaikan atas file system yang rusak. Dapat dengan mudah kondisi tersebut dikembalikan seperti pada proses instalasi awal, hanya dengan memilih menu "Wipe and Reload".

Image

        Perbaikan lain adalah pada "sharing" file. Microsoft sepertinya perlu membuat sebuah "Wizard" sebagai langkah yang lebih mudah untuk melakukan sharing file bagi home networking atau jaringan rumahan. Windows 7 telah mengatasinya.

ImageImage

        Jadi bagaimana ? Anda berniat mengganti Windows Anda pada tahun 2010 nanti ? Menurut perkiraan memang akan dipercepat sampai tahun 2009 depan. Tertarik ?

 

Berita Harian Akademik

0398323

© 2002 - 2018 | Bagian Sistem Informasi