NVidia ION Computer

Seperti yang kita ketahui bersama, NVidia adalah perusahaan pembuat graphic card ternama selain ATI. Siapa yang tidak tahu NVidia RIVA TNT, NVidia NForce dan NVidia GForce? kesemuanya adalah graphic card pendukung Gamers yang paling disukai selain produk ATI Radeon.

NVidia memang mengkonsentrasikan dirinya pada produksi graphic card untuk game, namun dengan produk terbarunya ini NVidia berharap mampu melawan Intel dalam memproduksi perangkat komputer tanpa campur tangan dari Intel. Seperti apa produk console terbaru NVidia ini? Simak liputannya.

NVidia membuat konsep komputer dengan processor berkecepatan rendah, namun ditambahkan dengan graphic card berkualitas tinggi. Demikianlah kondisi yang muncul pada console NVidia. Kondisi ini sebenarnya bukanlah hal baru, karena Sony, dengan produk Playstation-nya telah meng-implementasi-kannya pada produknya mulai dari PS2 dan PS3. Hanya berbekal kecepatan processor rendah, namun pengolah grafik berkualitas tinggi.

Intel Atom adalah pilihan dari NVidia untuk processor bagi komputernya, sedangkan graphic card diambil adalah NVidia ION graphic processor. Akibat yang muncul adalah harga komputer menjadi murah, karena harga processor juga murah karena menggunakan Intel Atom, sedangkan kecepatan menjadi meningkat untuk pengolah video encoding dan pengolahan grafik yang lebih cepat 10x dibandingkan produk internal graphic Intel. Sajian lengkap pada situs NVidia tentang ION.

 

Jika diamati console yang dibuat oleh NVidia ini cukup kecil, tanpa menghilangkan fasilitas PC secara normal. VGA Port tersedia, bahkan menggunakan konektor DVI. Lan Card juga ada, port untuk USB berlimpah, sampai 6 unit, sedangkan tambahan lain adalah port digital (DVI=Digital Video Interface) untuk VGA.

Intel Atom N230 adalah seri processor tercepat untuk Atom, dengan kecepatan 1.66 GHz single core fisik, namun dengan multithreading akhirnya menjadi dual core, sudah menjadi perangkat tercepat untuk mengimbangi komputer kita saat ini. Ukuran komputer juga semakin kecil, karena fokus pekerjaan sudah dipindahkan semua ke GPU (Graphical Processing Unit).

Jika menggunakan Intel Atom N330 mungkin kecepatan akan lebih baik, karena core yang terpasang sudah 2 (dua) unit, threadingnya menjadi 4 (empat) core. Dengan menggunakan processor ini, akhirnya kecepatan akan didapatkan lebih baik, karena jumlah core yang semakin banyak.

Pada gambar di atas dapat Anda amati, betapa ringkasnya komputer mini buatan NVidia ini, namun mampu menjalankan game yang berkelas tinggi, karena processor gamingnya yang cukup bagus dengan memori tinggi.

RAM juga diletakkan di bagian bawah, disamping harddisk. Ukuran harddisk yang dipergunakan adalah 2.5 inch, yang biasa dipergunakan untuk Laptop/Notebook.

Beberapa vendor juga sudah mempersiapkan Netbook mereka dengan menggunakan graphic processor ION ini. Samsung di bulan Juli 2009 ini akan meluncurkan Netbooknya yang juga memanfaatkan processor Intel Atom didampingi dengan ION Graphic processor.

Konsep komputer dengan CPU kecepatan rendah, namun GPU berkecepatan tinggi ini sebenarnya sudah diawali oleh Sony dengan Playstation 2 dan 3-nya, namun baru kali inilah konsep ini dikerjakan serius oleh beberapa vendor untuk digunakan sebagai komputer.

Menarik juga bukan ide ini ? jika saat ini komputer kita di rumah, kantor bahkan laptop kita menggunakan processor tinggi dengan graphic card rendah, namun konsepnya diubah menjadi graphic card yang berkecepatan tinggi, namun processor dengan kemampuan rendah sekelas Intel Atom.

Berita Harian Akademik

0437398

© 2002 - 2018 | Bagian Sistem Informasi