Pelatihan UMKM 2016

 

Salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh kampus BIRU STMIK PPKIA adalah dengan mengadakan pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). PPKIA bertindak sebagai tuan rumah pelaksana dengan membina semua UMKM yang ada di Kota Tarakan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini dimulai dari tanggal 11 sampai 13 Maret 2016 banyak diisi dengan materi yang memang dibutuhkan oleh UMKM tersebut. Diantaranya adalah materi tentang pembukuan keuangan. Mereka dibekali dengan pemanfaatan software Microsoft Excel dan MYOB Accounting untuk proses pembukuan. Materi tersebut tentunya sangat penting. Hal ini terlihat dari keseriusan para peserta pelatihan mengikuti setiap materi yang ada.

 

Menurut ketua LP3M STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati Bpk. Hadriansa, M.Kom, kegiatan yang bertema “Peningkatan Laporan Keuangan Berbasis Komputer” ini akan menjadi modal besar untuk para pelaku UMKM dalam menjalankan usaha mereka. “ini tentunya akan menjadi modal besar bagi para pelaku UMKM khususnya dalam mengolah keuangan mereka”, ucap Bpk. Ansar panggilan akrab Bpk. Hadriansa, M.Kom.

 

Selama ini pembukuan keuangan yang dilakukan oleh para pelaku UMKM ini masih tergolong konvensional yaitu dengan dengan melakukan pencatatan kedalam buku keuangan. Hal ini tentunya menjadi perhatian STMIK PPKIA sebagai kampus komputer untuk bergerak memberikan pelatihan berbasis IT terutama dalam pembukuan keuangan para pelaku UMKM. “Semua sudah serba komputer, begitu juga pembukuan keuangan sudah harus berbasis komputer sehingga keakuratan dan kemudahan pengolahan data keuangan dapat lebih maksimal”, ucap ketua panitia Ibu Evi Dianti Bintari, M.Kom.

Foto : Sambutan Salah Satu Perwakilan Pelaku UMKM

Foto : Suasana Pelatihan UMKM (Laboratorium Komputer STMIK PPKIA)

 

Untuk instruktur pelatihan UMKM Ibu Rosmini, S.Kom, mengaku tidak ada kendala berarti dalam membimbing para pelaku UMKM ini tentang pemanfaatan teknologi dalam mengolah keuangan. Staff keuangan STMIK PPKIA ini mengaku senang bisa berbagi ilmu kepada peserta pelatihan. “Saya senang dapat mengajari mereka dan saling berbagi ilmu”, Ucap Kak Ros panggilan akrab Ibu Rosmini, S.Kom. “Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi semuanya”, tutup kak Ros.

Foto : Sesi Foto Bersama

 

Semoga pengabdian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi para pelaku UMKM Kota Tarakan. Kita events selanjutnya…

 

Berita Harian Akademik

0437392

© 2002 - 2018 | Bagian Sistem Informasi