PERTUKARAN PELAJAR ANTAR NEGARA (PPAN) 2016

Kamis 17 Maret 2016, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (disbudparpora) mengadakan sosialisasi penjaringan Pertukaran Pelajar Antar Negara (PPAN) di Kampus Biru STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Kegiatan ini cukup menarik perhatian puluhan mahasiswa dengan menyimak paparan dari narasumber yang hadir diantaranya : pegawai disbudparpora, serta alumni dari pertukaran mahasiswa India, Australia, China, Korea Selatan dan Malaysia. Pada tahun direncanakan pertukaran pelajar ini akan dilaksanakan untuk pertukaran pelajar ke 4 (empat) negara saja, yaitu India, Australia, China dan Malaysia Sedangkan untuk Korea Selatan Sendiri tidak diagendakan untuk tahun ini.

Kegiatan yang bertema “PCMI Kaltara Goes To Campus” bekerjasama dengan banyak pihak termasuk STMIK PPKIA. Penjaringan pelajar pun juga dilakukan dikampus dengan julukan kampus BIRU ini. Keseruan muncul lantaran pihak disbudparpora juga membawa alumni yang telah mengikuti pertukaran pelajar ini pada tahun-tahun sebelumnya yang menandakan bahwa kegiatan ini bukan kegiatan sembarangan karena telah terbukti dan telah dilakukan.

Foto : disbudparpora beserta alumni pertukaran pelajar memberikan informasi

Foto : mahasiswa tampak serius mengikuti paparan

Kegiatan pertukaran pelajar ini tentunya bertujuan agar kita lebih memahami perkembangan negara lain, baik dari segi budaya, infrastruktur, teknologi dan hal-hal yang lain yang bisa diadopsi dan diaplikasikan di negara kita. Untuk mengikuti pertukaran pelajar ini, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Para peserta yang mendaftar dari seluruh kampus yang ada di Kalimantan Utara akan diseleksi terlebih dahulu. Mereka harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan agar dapat lolos sebagai pertukaran pelajar yang mewakili Kalimantan Utara. Salah satu syarat utama adalah tes TOEFL dengan nilai yang disyaratkan wajib diatas 450. Tentu bukan hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin.

Semoga salah satu perwakilan yang terpilih nantinya juga berasal dari Kampus BIRU STMIK PPKIA. Semangat kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini.

0480090

© 2002 - 2019 | Bagian Sistem Informasi