Melirik Fitur Terbaru Windows 10

Microsoft kembali memperkenalkan Windows teranyar mereka yaitu Windows 10. Perlahan menggantikan pendahulunya yaitu Windows 8 dan Windows 8.1, Windows 10 ini mulai dilepas oleh perusahaan software raksasa (Microsoft, Red) ini ke masyarakat. Seperti dikutip dari beberapa sumber, bahwa tidak ada tanggal resmi yang diberitakan oleh Microsoft untuk perilisan sistem operasi baru ini. Namun mereka berkomitmen untuk meluncurkan sistem operasi baru ini pada musim panas mendatang. Para pecinta OS Windows sedikit bernapas lega, karena Microsoft memastikan OS baru mereka ini akan tersedia secara gratis, akan tetapi tidak untuk kalangan Enterprise. Hal ini telah dipastikan oleh Senior Director of Product Marketing Microsoft, Aaron Woodman.

Dia menegaskan penggunaenterprise nantinya harus membayar bila ingin menggunakan Windows 10. Begitupula pihak OEM, jika ingin install Windows 10 pada perangkat baru yang akan dijualnya, mereka harus membeli lisensi. Namun untuk kalangan konsumen, pengguna yang sudah menjalankan Windows 8/8.1 dan Windows 7 SP1 akan mendapatkan upgrade gratis. Tapi hanya diberikan waktu 1 tahun saja untuk melakukan upgrade gratis sejak awal peluncurannya nanti. Selalu dicek ya, sudah rilis atau belum. Apa sih beberapa fitur terbaru yang dibenamkan oleh Microsoft ke OS terbarunya itu? Berikut beberapa viewnya.

Fresh Start

Windows 8 yang merupakan pendahulunya,mempunyai tampilan yang cukup menarik dan berwarna warni. Namun dibalik cantiknya tampilan tersebut dianggap kontroversial. Berkaca dari hal tersebut, Microsoft memperbaiki tampilan awalnya di Windows 10 ini dengan lebih baik. Ada tombol start yang kembali dimunculkan seperti Windows 8.1 akan membawa pengguna kembali ke menu yang dianggap tepat guna dengan aplikasi yang paling sering digunakan ditumpuk dalam satu kolom. Ketika tombol “All Apps” ditekan, akan menampilkan semua aplikasi yang terinstall dikomputer Anda.

Image : Tampilan awal Microsoft Windows 10

Cortana si Asisten Canggih nan Pintar

Salah satu fitur andalan yang dibenamkan pada sistem operasi terbaru Microsoft ini adalah Cortana. Cortana is your clever new personal asistent. Asisten pribadi yang pintar yang dapat membantu Anda mencari sesuatu di web atau menemukan sesuatu pada PC Anda, melacak kalender bahkan memberitahukan Anda tentang lelucon. Untuk mencari sesuatu, Anda dapat mengetikkan kata kunci pada textbox yang terdapat pada task bar atau mengklik icon microfon kemudian mengucapkan kata kunci secara langsung dengan kata-kata.

Image : Cortana, The Clever Assistant

Browser Spartan

"Spartan" adalah codename dari browser web dalam pengembangan oleh Microsoft. Resmi diluncurkan pada tanggal 21 Januari 2015, diharapkan akan dibundel dengan Windows 10 bersama Internet Explorer, dan tidak akan membawa nama Internet Explorer. Benchmark menunjukkan bahwa mesin EdgeHTML "Spartan" menawarkan peningkatan kinerja yang sangat drastis untuk JavaScript dibandingkan dengan Trident 7 di Internet Explorer 11. Browser baru Microsoft ini memiliki kinerja yang mirip dengan Google Chrome 41 dan Mozilla Firefox 36. Pada benchmark Sunspider, Spartan secara signifikan lebih cepat daripada browser Microsoft lainnya. Berikut viewnya.

Image : Browser Spartan

Keamanan Retina Mata untuk Login

Pengguna Windows 10 disodori dengan inovasi terbaru oleh Microsoft yaitu menggunakan scan mata untuk login. Fitur ini disediakan untuk fitur keamanan. Inovasi canggih ini ditanamkan sebagai pelengkap Windows 10. Fitur ini akan menggantikan sistem keamanan menggunakan password yang selama ini kita gunakan. Dalam sebuah keterangannya, Vice President Microsoft Operating System yaitu Joe Belfiore mengatakan bahwa “Saat ini passsword paling banyak digunakan untuk melindungi informasi pribadi. Namun semakin tidak aman dan kurang nyaman karena mudah sekali diretas dan kurang efektif jika menggunakan kombinasi yang rumit.”

Luar Biasa…..

Image : Scan Retina untuk Login

Itulah segelintir kecil fitur yang dimiliki oleh Microsoft Windows 10. Bagaimana, Anda tertarik mencicipi sistem operasi terbaru besutan Microsoft ini? Sepertinya Anda harus bersabar, karena menurut kabar, Microsoft baru akan meluncurkan OS andalannya ini pertengahan 2015 pada musin panas mendatang.

Sumber : berbagai sumber

Berita Harian Akademik

0461859

© 2002 - 2018 | Bagian Sistem Informasi