Tim Robot PPKIA Sabet Tiga Gelar Juara KRI 2014

Auditorium M.Yusuf Abu Bakar Universitas Mataram (UNRAM) menjadi saksi ketangguhan tim robot kampus biru dalam ajang bergengsi Kontes Robot Indonesia 2014. Acara akbar yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut mulai tanggal 22 Mei sampai dengan 24 Mei 2014 tersebut menjadi ajang pembuktian ketangguhan para tim robot yang berasal dari seluruh Perguruang Tinggi wilayah regional 5 Indonesia Timur. Kampus biru (sebutan akrab kampus STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati) yang pada kontes tahun ini mengirimkan 5 (lima) tim andalannya yakni : Tim Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Tim Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi beroda, Tim Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi berkaki, Tim Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) dan Tim Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), 3 (tiga) tim diantaranya berhasil “mencuri” gelar juara yakni Juara I - Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI), Juara II – Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) dan Juara II – Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi berkaki.

Untuk robot pemain bola, tetap kokoh pada posisi puncak juara dan berhasil mempertahankan gelar juara selama 4 tahun berturut-turut untuk wilayah regional 5 Indonesia Timur sejak 2011-2014. Setelah bertemu dengan tim Roccer_ut (Universitas Tadulako) di partai Final tim BlueHuman-G5 berhasil menyabet gelar juara I pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Indonesia timur.

Image : Persiapan BlueHuman-G5

Image : BlueHuman on Action

Image : BlueHuman-G5 Win

Perjuangan panjang mewarnai perjalanan tim robot kampus biru selama perhelatan akbar ini dilaksanakan. Selain berjuang untuk mempertahankan gelar juara untuk robot pemain bola dan robot seni, beberapa tim yang lain juga berjuang untuk memperoleh gelar juara baru. Sebut saja tim KRAI, selama 2 tahun tidak mendapatkan gelar juara yaitu pada tahun 2012 dan 2013 lalu dikarenakan kesalahan teknis pada robot ternyata tidak mau kehilangan momentum berharga tahun ini. Setelah menundukkan tim Rocket 28 (Universitas Tadulako Palu) dan tim Saddang (Politeknik Negeri Banjarmasin) pada babak penyisihan, tim Blue-Evo-3 (tim KRAI kampus biru) berhasil melenggang mulus ke partai Final setelah menyingkirkan 13 tim yang lain. Namun pada partai final tim Blue-Evo-3 harus tunduk pada tim Akkarena (Universitas Islam Negeri Alauddin) dan puas pada posisi Runner-Up (Juara II)

Image : Persiapan Blue-Evo-3 (Red Team)

Image : Blue-Evo-3 Count Down

Image : Blue-Evo-3 on Action (Red Team)

Image : Persiapan Blue-Evo-3 (Blue Team)

Image : Blue-Evo-3 on Action (Blue Team)

Image : Blue-Evo-3 Win

Begitu juga tim KRPAI berkaki, gelar juara pada tahun 2011 lalu di Universitas Tadulako Palu berhasil diraih kembali. Persaingan yang sangat ketat dan harus bertanding melawan 24 tim dari seluruh kampus Indonesia Timur, akhirnya dapat berdiri kokoh pada posisi Juara II seperti yang diraih pada tahun 2011 lalu. Penilaian utama dewan juri nasional adalah robot harus mampu memadamkan api sebagai syarat untuk menang dan tim robot kampus biru mampu menaklukkan tantangan tersebut yang tidak bisa dilakukan oleh robot dari kampus lain.

Image : BlueLegged-G5 Win

Pada arena Kontes Robot Seni Indonesia sedikit meraih kendala teknis pada robot, sehingga harus puas pada posisi kelima. Hal yang sama juga terjadi pada robot pemadam api divisi beroda yang juga mengalami kendala teknis pada saat pertandingan sehingga belum bisa meraih gelar juara pada tahun ini. Semoga ditahun berikutnya, kembali bisa menunjukkan taring untuk merebut gelar juara yang pernah diraih sebelumnya.

Image : BlueDance-G3 on Action

Tanggal 24-28 Juni 2014 mendatang, pertandingan tingkat Nasional akan digelar di Universitas Negeri Yogyakarta. Tim robot kampus biru kembali harus mempersiapkan robotnya untuk melawan tim-tim robot terbaik Indonesia dari seluruh penjuru Nusantara. Kita semua berharap, gelar juara Nasional untuk Kontes Robot Indonesia 2014 juga akan melekat pada nama STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati.

Image : We Are the Champions

Dengan kemenangan yang diraih tahun ini, maka bertambah lagi koleksi piala kemenangan tim robotika kampus biru. Jayalah terus tim robotika STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Harumkan nama Tarakan, harumkan nama Kalimantan.

 

Salam Robotika

0479256

© 2002 - 2019 | Bagian Sistem Informasi