Youtube Punya Siapa?

Siapa yang tidak kenal nama salah satu situs terbesar di dunia maya ini? Youtube, ya situs ini merupakan salah satu situs layanan video sharing yang banyak digunakan oleh para penggila internet di seluruh penjuru jagad raya. Meski demikian nama besar tidak menjadi jaminan seluruh masyarakan tahu siapa pemilik situs ternama tersebut. Situs yang terkenal dengan konten video dari berbagai macam jenis, mulai dari konten video musik, klip TV termasuk konten amatir sampai video pendidikan juga ada disini. Siapa sebenarnya organisasi dan nama besar dibalik situs ini? Berikut ulasannya.

Youtube merupakan situs vide sharing yang dibuat oleh 3 orang ternama pada akhir tahun 2005. Mereka adalah Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Ketiganya merupakan mantan karyawan PayPal, sebuah perusahaan account bank virtual yang terkenal dengan pembayaran yang memanfaatkan kartu kredit (Credit Card). Melalui situs ini pada pengguna dapat meng-upload, melihat dan berbagi video. Dengan menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML 5, siitus ini dibangun dengan penuh dedikasi sehingga banyak menjadi sumber referensi bagi seluruh masyarakat dunia.

Youtube Founder

Perusahaan besar yang berkantor di San Bruno, California ini merupakan hasil tangan kreatif mahasiswa jebolan Indiana University of Pennsylvania (Chad Hurley dan Steve Chen) dan University of Illinois at Urbana-Champaign (Jawed Kaim). Hurley dan Chen mengatakan bahwa ide asli untuk YouTube adalah versi video dari layanan kencan online yang ada sebelumnya.

Youtube Webpage

Youtube mulai beroperasi diatas sebuah restoran pizza dan restoran jepang di San Mateo, Califonia. Situs didanai oleh Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006 sebesar $11.500.000 dan kemudian website ini dikembangkan selama berbulan-bulan. Video pertama yang dipublish di situ Youtube berjudul “Me at the zoo” pada tanggal 23 April 2005. Pada video tersebut menjukkan salah satu pendiri jawed Karim di kebun binatang San Diego. Videonya masih bisa dinikmatisampai saat ini.

Youtube Headquarters, San Bruno California

Youtube Company View

Youtube Inside

Youtube mulai ditawarkan ke publik pada bulan Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resminya pada bulan November 2005. Seiring waktu berjalan situs ini ternyata tumbuh sangat pesan dan pada bulan Juli 2006 pihak youtube mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video sedang diupload setiap harinya dan menerima 100 juta penayang video per hari. Angka yang sangat fantastis. Bahkan youtube menjadi penyedia dominan video online di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43% dan lebih dari 14 milliar views video pada bulan Mei 2010 (riset comScore)

Pada bulan oktober 2006, Google mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi Youtube senilai $1,65 milliar pada tanggal 13 Oktober 2006. Kini situs besar tersebut berjalan sebagai anak perusahaan search engine terbesar dijagad raya ini (Google red). Selain layanan video sharing, youtube juga didanai dari hasil kerjasama pemasangan iklan dari berbagai perusahaan besar. Youtube menandatangani kemitraan pemasaran dengan NBC pada bulan Juni 2006. Pada bulan November 2008 Youtube mencapai kesepakatan dengan MGM, Lions Gate Entertainment dan CBS yang memungkinkan perusahaan mengirimkan film full-length dan episode televisi yang disertai dengan iklan dibagian depan film tersebut.

Google Account on Youtube

Youtube kini menjadi situs nomor 3 paling sering dikunjungi didunia setelah Google dan Facebook (Alexa Rank)

sumber : berbagai sumber

Berita Harian Akademik

0460053

© 2002 - 2018 | Bagian Sistem Informasi