Seminar dan Workshop Android

Kemeriahan di sabtu pagi 14 Desember 2013 di hall parkir kampus biru. Meskipun sempat hujan deras yang mengguyur kota Tarakan, namun tidak menyurutkan minat mahasiswa dan masyarakat yang ingin menyaksikan dan turut serta langsung dalam acara seminar dan workshop yang pertama kali diadakan di Tarakan ini. STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati menjadi tuan rumah penyelenggara acara seminar dan workshop android dengan mendatangkan orang berkompeten dibidangnya. Adalah bpk. Nazruddin safaat H, ST, MT didaulat sebagai pembicara dalam acara keren ini. Beliau adalah seorang IT support sekaligus penulis buku android yang sudah menulis puluhan buku “berbau” android. Selain Bpk. Nazruddin Safaat, pembicara dari STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati yaitu Ibu Aida Indriani, M.Kom juga turut menjadi pemateri dalam acara seminar dan workshop ini.

Acara seminar ini diawali dengan materi pengantar pemrograman Android yang diisi oleh Ibu Aida Indriani, M.Kom. Sembari menunggu kedatangan Bpk. Nazruddin safaat, Ibu Aida mengajak seluruh peserta seminar untuk membuat aplikasi android sederhana menggunakan software pendukung eclips dan android SDK (Software Development Kit) yang langsung diimplementasikan kedalam gadget dengan sistem operasi android. Ini menunjukkan bahwa dosen STMIK PPKIA Tarakan juga sudah mampu melakukan pemrograman tersebut. Basic pemrograman yang digunakan adalah Java, dan dosen STMIK PPKIA sudah siap dengan itu. Materi yang diisi oleh ibu Aida berlangsung kurang lebih 1 (satu) jam, sebelum dilanjutkan oleh pemateri kedua.



Acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang pemrograman mobile. Mengingat kedepan STMIK PPKIA akan memasukkan pemrograman mobile ini kedalam salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa. Tentu ini menjadi salah satu yang baru dan lain daripada yang lain pastinya. Menurut pihak kampus materi pemrograman mobile sebenarnya akan menjadi ciri khas dan kebanggan bagi anak Strata 1 (S1) program studi Sistem Informasi. Ini akan menjadi mata kuliah andalan bagi kampus biru. Mengingat sebelumnya Strata 1 (S1) Teknik Informatika sudah memasukkan matakuliah Robotika sebagai matakuliah andalannya.



Acara ini dihadiri sekitar 200 lebih peserta yang berasal dari mahasiswa dan masyarakat umum yang “jatuh” hati dengan sistem operasi buatan google ini. Sistem operasi ini sedang naik daun lantaran banyaknya pengguna Android saat ini. Ditambah lagi kebaikan hati RIM (Research in Motion) atau pihak BlackBerry yang memperboleh aplikasi andalannya yaitu BBM (BlackBerry Messenger) untuk dapat digunakan pada sistem operasi bericon robot hijau ini. Hal ini membuat sebagian besar masyarakat mulai beralih menggunakan gadget android.



Pada acara seminar dan workshop yang berlangsung kurang lebih 3 jam ini, Pak Naz panggilan akrab pria kelahiran Riau ini memberikan banyak bekal pembelajaran kepada peserta seminar, mulai dari pengantar android, aplikasi database berbasis android, aplikasi tour guide yang terkoneksi dengan google maps sampai proses upload ke play store. Sungguh materi yang sangat berguna bagi pengembangan kemampuan mahasiswa.



Teknik pemrograman sampai proses upload langsung ditunjukkan kepada seluruh peserta dan langsung diikuti sehingga workshop berlangsung dengan sukses. Proses tanya jawab dibuka, para peserta sangat antusias untuk mengetahui lebih jauh tentang sistem operasi satu ini, terutama berbagai aplikasi yang dapat dibuat didalamnya.



Seminar dan workshop berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang didapatkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh peserta terutama mahasiswa yang mengikuti seminar guna pengembangan diri kedepan.

Terima kasih kepada seluruh panitia atas kerja kerasnya untuk kesuksesan acara ini.

Berita Harian Akademik

0472211

© 2002 - 2018 | Bagian Sistem Informasi